nusabali

STP Tanam Bibit Terumbu Karang dan Mangrove di Bali, Dukung Akuakultur Berkelanjutan

  • www.nusabali.com-stp-tanam-bibit-terumbu-karang-dan-mangrove-di-bali-dukung-akuakultur-berkelanjutan

SINGARAJA, Nusabali.com - PT Suri Tani Pemuka (STP), anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA), menanam 200 bibit terumbu karang di Pantai Tanjung Budaya, Pemuteran, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Selasa (14/11/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari program konservasi air yang dijalankan STP untuk mewujudkan budidaya perairan yang berkelanjutan.

Penanaman terumbu karang ini dilakukan oleh tim STP bersama dengan komunitas Satuan Tugas (Satgas) Lingkungan Desa Pemuteran. 

Emiliana Dhian Anggeraheni, Head of Operations Shrimp Hatchery STP, mengatakan bahwa kegiatan penanaman terumbu karang ini bertujuan untuk mereduksi emisi karbon yang dapat berpengaruh terhadap kelestarian ekosistem, khususnya yang ada di kawasan pesisir pantai.

“Penanaman terumbu karang ini merupakan wujud nyata komitmen STP untuk menjalankan industri akuakultur yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” ujar Emil.

Selain penanaman terumbu karang, STP juga melakukan penanaman 500 bibit mangrove di Pantai Pejarakan, Buleleng, Bali, pada Senin (13/11/2023). Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program konservasi air yang dijalankan STP.

Program Konservasi Air menjadi wujud nyata STP dalam menjalankan komitmen Act For Sustainable Aquaculture dengan memberikan dampak baik kepada lingkungan maupun masyarakat yang ada di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Kami berharap agar kegiatan-kegiatan konservasi air yang kami lakukan dapat memberikan dampak baik kepada lingkungan maupun masyarakat yang ada di sekitar wilayah operasional perusahaan,” pungkas Emil.

Setelah melakukan penanaman bibit terumbu karang dan mangrove di wilayah Bali, STP melakukan penanaman 1.000 bibit  mangrove pada Rabu (15/11/2023) di Situbondo, Jawa Timur. 

Kegiatan penanaman terumbu karang dan mangrove oleh STP merupakan langkah positif dalam mendukung budidaya perairan yang berkelanjutan. Kegiatan ini juga dapat menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan akuakultur lainnya untuk turut menjaga kelestarian lingkungan.



Komentar