nusabali

Asephi Bali Dorong UKM Giat Ikuti Inacraft 2024

  • www.nusabali.com-asephi-bali-dorong-ukm-giat-ikuti-inacraft-2024

Jadi media promosi efektif, sayangkan jumlah kepesertaan UKM dari Bali masih minim

GIANYAR, NusaBali - Ketua DPD Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Provinsi Bali Ketut Dharma Siadja mendorong para pengusaha kecil dan menengah (UKM) di Provinsi Bali giat memamerkan produk pada ajang Inacraft 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, 28 Februari - 3 Maret 2024. Karena pengalaman dari 23 kali Inacraft tahun 2023 ini, Inacraft masih menjadi ajang pameran terbesar dan teramai di kawasan Asia Tenggara.

‘’Inacraft juga merupakan ajang pameran produk bergengsi. Momen ini harus direbut oleh para UKM di Bali,’’ ujar Dharma Siadja di kantornya, Desa Mas, Kecamatan Ubud, Gianyar, Rabu (15/11).

Dia menyebutkan, Inacraft 2023 di JCC Jakarta digelar pada 4 – 8 Oktober 2023, diikuti hampir oleh 880 UKM dari seluruh Indonesia.

Dari jumlah itu, hanya 25 UKM asal Bali, terdiri dari 23 UKM individu dan 2 peserta UKM binaan Disperindag Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Produk terbanyak yang dipamerkan UKM Bali, yakni jenis produk berbahan perak, tenun, dan kayu.

Dharma Siadja menyayangkan minimnya kepesertaan Inacraft 2023 dari Bali. Semestinya, jelas eksportir produk kerajinan Bali ini, banyak UKM di Bali telah dibina secara intensif baik oleh Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) baik tingkat provinsi dan kabupaten/kopta.

Tidak sedikit pula UKM di Bali mendapatkan pembinaan intensif baik oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Ada juga UKM yang makin eksis karena mendapatkan pembinaan dari lembaga tertentu atau bapak angkat.

“Para pelaku UKM di Bali ini, ayo bangkitlah. Mari manfaatkan Inacraft ini sebagai ajang peningkatan promosi dan penjualan produk kita,’’ jelasnya.

Dharma Siadja juga menyarankan kepada para pembina UKM, yakni Dekranasda, Didperindag pelbagai jenjang wilayah, dan bapak angkat, sebutan lainnya, untuk terus mendorong agar UKM binaan mereka ikut merebut ajang Inacraft di JCC Jakarta. Karena Inacraft, sebagaimana yang telah diikuti beberapa kali, makin ramai pengunjung.

Inacraft juga tergolong pameran multi player efect. Karena pameran ini tak hanya berdampak meningkatkan penjualan langsung, juga sarat nilai promosi terutama produk – produk inovatif yang selama ini jadi andalan UKM Bali.

“Saya yakin Inacraft 2024 yang merupakan Inacraft ke-24 nanti, akan lebih ramai dan lebih sukses bisa dirasakan oleh para UKM,’’ jelasnya.

Untuk diketahui, Inacraft 2023 di JCC, Jakarta, secara resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (4/10/).7lsa

Komentar