nusabali

Alex Marquez Juara Sprint Race

Bagnaia Rebut Pole Position MotoGP Malaysia

  • www.nusabali.com-alex-marquez-juara-sprint-race

SEPANG, NusaBali - Alex Marquez dari tim Gresini Racing menjuarai Sprint Race MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Sabtu (11/11). Alex Marquez sukses mengungguli dua kandidat kuat juara dunia, yakni Francesco ‘Pecco’ Bagnaia dan Jorge Martin.

Alex yang memulai balapan dari posisi keempat menjadi pemenang di sesi Sprint MotoGP Malaysia dengan catatan waktu lebih cepat hampir 1,6 detik di depan rekan senegaranya Jorge Martin, yang di posisi kedua.

Martin memberikan tekanan pada juara bertahan Bagnaia dengan menggesernya ke peringkat ketiga pada balapan tersebut yang berkonsekuensi pada selisih poin.

Sebelum balapan dimulai, Martin hanya terpaut 13 poin dari Bagnaia dan dengan hasil pada Sprint MotoGP Malaysia ini, Martin pun memangkas dua poin atau hanya tinggal selisih 11 poin dari Pecco di urutan pertama klasemen MotoGP 2023.

Bagnaia yang memulai balapan dari pole position dan berhasil mempertahankan posisinya pada 10 putaran, harus menerima dirinya terpental ke peringkat ketiga di garis finis. Rekan satu tim Bagnaia di Ducati Lenovo Enea Bastianini di urutan keempat dalam Sprint Race kali ini.

Sementara itu, juara bertahan MotoGP Francesco Bagnaia merebut pole position di MotoGP Malaysia, Bagnaia unggul atas rival utamanya, Jorge Martin, dalam sesi kualifikasi di Sirkuit Sepang, Sabtu.

Bagnaia menyelesaikan kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 57,491 detik. Sedangkan Martin mencatat 1 menit 57,549 yang akan memulai balapan di belakang Bagnaia.

Bagnaia kembali meraih pole position pertamanya sejak GP Catalan pada September lalu. Bagnaia adalah rider Ducati itu hanya terpaut 13 poin dengan Martin di posisi dua di klasemen kejuaraan dengan tiga balapan tersisa.

"Mengingat kejuaraan tersisa beberapa periode lagi, tentu pole position sangat penting," kata Bagnaia seperti dikutip dari AFP.

Bagnaia yang memiliki sebutan Pecco itu menunjukkan kekesalanya di tahap terakhir kualifikasi. Pembalap asal Italia murid legenda MotoGP Valentino Rossi itu melaju cepat melalui sirkuit Sepang untuk mencetak rekor baru putaran dengan 1 menit 57,491 detik. 

Martin yang juga menunggang Ducati, beberapa menit sebelumnya juga memecahkan rekor putarannya sendiri setelah mencatat waktu 1 menit 57,549 detik, sebelum akhirnya dikalahkan oleh rivalnya, Pecco. Martin sempat terjatuh keluar aspal di tikungan empat saat berusaha mengejar waktu Pecco.

Enea Bastianini melengkapi posisi tiga bersama Bagnaia dan Martin dengan catatan waktu 1 menit 57,590 detik. Di posisi empat, Alex Marquez, dan Luca Marini di posisi kelima. Marco Bezzecchi di urutan keenam. ant

Komentar