nusabali

1.998 Pelamar Berebut 1.876 Formasi

PPPK Tabanan Bersiap Tes CAT

  • www.nusabali.com-1998-pelamar-berebut-1876-formasi

Hasil dari seleksi administrasi 1.998 orang yang bakal mengikuti tes CAT yang rencananya digelar tanggal 21 dan 22 November 2023.

TABANAN, NusaBali
Proses rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Tabanan bakal memasuki tahapan tes CAT (Computer Asissted Test). Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan I Made Kristiadi Putra mengatakan, sesuai rencana pelaksanaan tes CAT bakal digelar tanggal 21 dan 22 November ini. "Tapi kita belum terima surat resmi masih menunggu," ujarnya, Jumat (10/11). 

Dalam pelaksanaan tes CAT ini peserta bisa memilih tempat selain di Bali. Misalnya peserta melamar PPPK di Tabanan tempatnya bisa memilih tempat yang terdekat dengan tempat tinggal dalam hal ini luar Bali. "Dari catatan, peserta yang bakal tes CAT di Bali sebanyak 1.722 dan di luar Bali 276. Yang di Bali pelaksanaan tes bertempat di STIKOM Bali," jelasnya. 

Dan dalam pemilihan tempat seleksi ini, Kristiadi juga tak memungkiri ada kesalahan dalam memilih titik lokasi dari pelamar. Seperti yang ditemukan ada memilih tes ke Bandung, Jawa Barat. 

"Nah kemungkinan pada saat memilih inginnya Badung, Bali, namun karena kurang cermat jadi dipilih Bandung. Kami sudah sempat fasilitasi ke pusat namun disebutkan sudah terlambat. Jadi peserta ini terpaksa harus mengikuti tes ke Bandung nanti," beber Kristiadi. 

Dia menerangkan, untuk PPPK tahun 2023 ini hanya untuk kategori PPPK khusus dan PPPK Umum. Dimana untuk PPPK Khusus merupakan program seleksi pendaftaran PPPK yang ditujukan untuk pelamar tenaga non-ASN.

Tenaga non-ASN adalah pegawai yang melamar pada instansi pemerintah tempat bekerja saat mendaftar dan memiliki pengalaman kerja paling sedikit dua tahun secara terus-menerus pada instansi pemerintah yang dilamar. 

Sementara PPPK umum adalah program seleksi pendaftaran PPPK yang ditujukan untuk pelamar umum, yaitu yang merupakan pelamar yang tidak termasuk dalam kriteria pelamar khusus.

"Komposisinya PPPK Khusus itu 80 persen dan PPPK Umum 20 persen, tentu kami harapkan kuota yang diberikan ke Tabanan bisa terpenuhi," tandas Kristiadi. 

Seperti diketahui kuota formasi PPPK Guru dan nakes yang dibuka Pemerintah Kabupaten Tabanan Tahun 2023 sejumlah 1.876 formasi terdiri dari Guru 806 dan Tenaga Kesehatan 1070. 7des

Komentar