nusabali

City Tembus 16 Besar, Gurdiola Kurang Puas

Libas PSG di San Siro, AC Milan Buka Harapan Lolos Fase Grup

  • www.nusabali.com-city-tembus-16-besar-gurdiola-kurang-puas

MANCHESTER, NusaBali - Meski Manchester City menang 3-0 atas Young Boys, manajer Pep Guardiola menyebut ada satu hal yang membuatnya tak puas. Namun kemenangan itu memastikan City tembus 16 besar dalam matchday 4 Grup G Liga Champions 2023/2024, di Stadion Etihad, Manchester, Rabu (8/11) dinihari WITA.

Berkat kemenangan itu City kokoh di puncak klasemen Grup G dengan 12 poin dari empat laga.  Sedangkan Young Boys di urutan keempat klasemen dengan satu poin dan akan bersaing dengan Crvena Zvezda untuk satu tiket di babak play-off Europa League.

Kemenangan City atas Young Boys dalam laga itu berkat gol-gol yang dicetak Erling Haaland (2) dan Phil Foden. Bahkan secara statistik City mendominasi pertandingan dengan 70 persen penguasaan bola dan melepaskan total 28 tendangan, yang 10 di antaranya tepat sasaran.

Usai laga, Guardiola mengatakan ada satu hal yang kurang sreg, yakni soal penyelesaian akhir. Padahal statistik mencatat ada delapan shots on target sepanjang laga. 

"Mungkin kami tidak klinis, meski klinis bukanlah kata yang tepat. Lebih kepada tidak cukup lembut di saat-saat terakhir untuk mencetak lebih banyak gol. Tapi saya senang melihat tim," kata Pep Guardiola

Hasil ini membawa City ke fase gugur untuk musim ke-11 berturut-turut. Hal itu juga berarti rekor baru bagi City dengan 18 laga tak terkalahkan di Eropa untuk klub Inggris.

Kemenangan itu juga memperpanjang rekor kemenangan City di kandang dalam semua kompetisi pada 2023 menjadi 23 laga, kurang satu kemenangan dari rekor Inggris, yang dibuat Sunderland pada tahun 1891 dan 1892.

Sedangkan Haaland menambah jumlah golnya di Liga Champions menjadi 39 dalam 34 laga saat City. Striker Norwegia itu mengabaikan cedera pergelangan kaki yang memaksanya keluar pada babak pertama saat mengalahkan Bournemouth akhir pekan lalu. Gol pertama dicetak lewat penalti pada menit 23'. Dia kemudian mencetak gol kedua dari tepi kotak penalti pada menit ke-51. Adapun satu gol lainnya dicetak Phil Foden. Selanjutnya City akan menjamu saingan terberatnya, Liverpool di Liga Inggris pada 25 November. 

Sementara itu, AC Milan meraih kemenangan perdananya di Liga Champions musim 2023/2024, usai membekuk Paris Saint Germain (PSG) 2-1 pada matchday keempat Grup F di Stadion San Siro, Rabu (8/11) dinihari WITA.

Gawang AC Milan kebobolan lebih dulu melalui Milan Skriniar di menit 9. Namun tiga menit berselang, Rafael Leao menyamakan kedudukan 1-1. Lalu Olivier Giroud jadi pahlawan kemenangan AC Milan, dengan gol pada menit ke-50 menyambut crossing Theo Hernandez.

Kemenangan itu paling tidak membalas kekalahan 0-3 dari PSG di pertemuan pertama di Parc des Princes. Selain itu, juga membuka peluang AC Milan ke 16 besar Liga Champions. 

Rossoneri naik ke urutan ketiga dengan nilai 5. Mereka tertinggal dua poin dari Borrussia Dortmund (7 poin) di posisi pertama, yang di saat bersamaan mengalahkan Newcastle United 2-0. Sedangkan PSG punya 6 poin di urutan,  dan Newcastle sebagai juru kunci dengan 4 poin.

Usai laga, Olivier Giroud mengaku timnya tak khawatir meski dalam kesulitan di awal pertandingan. Kebobolan lebih dulu, tak membuat pasukan Stefano Pioli kendor nyalinya.

“Kami ingin bereaksi setelah kemunduran baru-baru ini dan ini adalah malam yang sempurna. Kami menciptakan banyak peluang, lebih efektif dan itulah yang membuat perbedaan,” kata Giroud. *

Komentar