nusabali

Gelorakan Literasi, MGMP Gelar Lomba Pidato dan Bercerita

  • www.nusabali.com-gelorakan-literasi-mgmp-gelar-lomba-pidato-dan-bercerita

AMLAPURA, NusaBali - MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Indonesia Tingkat SMP Karangasem menggelorakan pendidikan literasi dengan menggelar lomba bercerita rakyat nusantara dan lomba pidato. Lomba ini merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas pendidikan literasi.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia Tingkat SMP Karangasem Ni Wayan Sudiartini memaparkan itu sela-sela lomba di MTsN Karangasem, Jalan Gunung Agung, Amlapura, Selasa (31/1).

Lomba dibagi dua kelompok, pesertanya antusias menunjukkan kemampuan terbaiknya. Lomba bercerita rakyat nusantara melibatkan 31 siswa, dan nomor pidato sebanyak 27 peserta. Seluruh siswa hanya sekali tampil, tiga dewan juri yang memberikan penilaian yakni I Gede Aries Pidrawan, Ni Wayan Adnyani, dan I Kadek Supartika.

"Ini lomba masih rangkaian Bulan Bahasa Indonesia dan memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang rutin terlaksana tiap tahun. Ini merupakan program kerja MGMP," jelas Ni Wayan Sudiartini.

Paling tidak dengan cara menggelar lomba, siswa, kata dia, lebih termotivasi belajar, dengan cara meningkatkan minat baca, sehingga kualitas pendidikan literasi  meningkat. Sebab untuk membawakan materi di dalam lomba bercerita rakyat nusantara paling tidak siswa mencari referensi. Begitu juga untuk lomba pidato mesti menyiapkan meterinya. Selanjutnya berlatih di bawah bimbingan guru pembinanya di sekolah.

Ni Wayan Sudiartini memaparkan, manfaat menggelar lomba pidato bahasa Indonesia, siswa bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis, juga mengembangkan kemampuan analisis dan sintesis. Siswa juga mampu meningkatkan keterampilan sosial, terutama saat berinteraksi dengan orang lain, mampu membangun hubungan dan memperluas jaringan sosial. Di samping juga mampu meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan berbicara, mengasah kemampuan berbahasa, mengasah daya ingat, dan berpikir cepat. "Banyak manfaat lomba itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan literasi," lanjut guru bahasa Indonesia SMPN 2 Amlapura itu.

Dewan juri menetapkan juara lomba pidato, juara I Ni Luh Sintia Wati dari SMPN 1 Manggis, juara II M Ahnaf Al Hafiz dari MTSN Karangasem, juara III Ni Putu Tasya Alitarini dari SMPN 5 Amlapura.

Sedangkan juara lomba bercerita rakyat nusantara, juara I Kadek Mutya Prajwalita dari SMPN 5 Amlapura, juara II Ni Komang Ratih Kumara Dewi dari SMPN 2 Amlapura dan juara III I Dewa Ayu Bintang Pradnyani dari SMPN 1 Sidemen.7k16

Komentar