nusabali

Pelindo Siapkan Jembatan Penumpang 46 Meter

Celebrity Solstice, Kapal Pesiar Jumbo Besok Sandar di Benoa

  • www.nusabali.com-pelindo-siapkan-jembatan-penumpang-46-meter

DENPASAR, NusaBali - BUMN PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 melakukan sejumlah persiapan teknis, menyambut kedatangan kapal pesiar raksasa Celebrity Solstice Cruise yang rencana sandar di Pelabuhan Benoa, Denpasar Selatan, Senin (30/10).

Kapal pesiar dengan panjang 317 meter dan lebar 32 meter dengan kapasitas 3.000 penumpang termasuk awak, akan menjadi kapal terpanjang yang selama ini pernah sandar di Pelabuhan Benoa.

Salah satu persiapan Pelindo adalah dengan menyiapkan gangway atau jembatan penumpang sepanjang 46 meter. Jembatan itu untuk memudahkan penumpang turun dan naik ke dan dari dermaga.

“Tim teknik dari Pelindo telah mempersiapkan itu,” kata Senior Manajer Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari melalui keterangan tertulis, Sabtu (28/10).

Gangway sepanjang 46 meter dengan akses ketinggian 10 meter, menurut Karlinda, mampu menahan beban 9 ton, dirancang dan dirakit Tim Pelindo bekerja sama dengan pihak eksternal. Dia juga memastikan aspek keamanan dan keselamatan gangway tersebut, karena sudah mendapat pengawasan dari pihak eksternal.

“Kita tahu Celebrity Solstice berukuran besar dengan posisi pintu kapal cukup tinggi, sehingga diperlukan gangway untuk mobilitas penumpang menuju dermaga,” ujarnya.

Untuk memastikan keamanannya, Karlinda mengatakan sudah menggandeng pihak eksternal, untuk memastikan uji keamanannya.

Kapal pesiar Celebrity Solstice merupakan kapal pesiar berukuran besar. Panjangnya 317 meter dan lebar 32 meter dengan kapasitas 3.000 penumpang, termasuk awak. “Ini menjadi tonggak momentum dan peluang bagi kita semua. Kapal pesiar dengan panjang 317 meter, merupakan yang terpanjang yang pernah sandar selama ini di Pelabuhan Benoa,” tambahnya.  

Menurut Karlinda, Celebrity Solstice akan sandar selama dua hari pada 30–31 Oktober 2023. Selama itu, penumpangnya akan berwisata menikmati Bali. 7 k17

Komentar