nusabali

Tim Catur Putra Lanjut ke Play Off

  • www.nusabali.com-tim-catur-putra-lanjut-ke-play-off

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Percasi Bali kembali menurunkan tim catur putra dalam babak play off pada 25 November  hingga 1 Desember 2023 di Jawa Barat.

Jalur play off harus diikuti, karena Bali hanya finish peringkat dua dalam kualifikasi PON catur putra pada akhir Agustus 2023 di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

"Untuk mendapatkan tiket PON, kita mesti harus melewati babak play off, semoga saja bisa melewati tahapan ini dengan baik," ucap Sekretaris Umum Pengprov Percasi Bali, Putu Widhiari, Jumat (27/10). 

Menurut Putu Widhiari, tim Kalteng di peringkat pertama, dan Bali jadi runner up, dan Kaltim urutan ketiga. Karena itu, peringkat  dua dan tiga wajib melewati babak play of lagi untuk memastikan tiket PON 2024.

Widhiari megatakan, semua itu karena kualifikasi PON untuk putra dimainkan di setiap zone dan Bali masuk zone Kalimantan terdiri dari enam provinsi,  yang terdiri dari Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. 

Untuk putra, kata Widhiari, juara zona langsung lolos PON 2024, yakni tim Kalteng. Sedangkan peringkat 2 dan 3 zone mengikuti play off yang digelar bersamaan dengan Pra PON catur untuk putri. 

"Untuk perorangan putra, Bali sudah tidak lolos. Yang lolos hanya Kalteng saja, kita masih berjuang di beregu putra lewat babak play off," kata Putu Widhiari.

Kelima pecatur putra yang kembali diterjunkan dalam play off, yakni Simon Kurniawan, Royke Donalto Runturambi, Putu Luhur Apngal Kusuma, Fabian Glen Mariano, dan Anak Agung Gede Agung. 

Widhiari mengatakan, dalam play off nanti hanya tim menjadi juara yang lolos PON. Prediksinya yang ambil bagian itu sekitar 10 tim dari provinsi berbeda. Sebab, peringkat 2 dan 3 masing - masing zona semuanya masuk babak play off, sehingga ada 10 tim nantinya. 

"Kita tetap berharap untuk tim putra berhasil meraih tiket PON melalui play off," kata Widhiari. 

Dengan demikian, kata Widhiari, pecatur putra akan kembali turun saat tim catur putri tampil dalam kualifikasi PON.  Karena gelaran kualifikasi PON catur putra dan catur putri dipisah. 

Sementara itu, sebanyak enam pecatur putri diproyeksikan tampil dalam kualifikasi PON di Jawa Barat yakni Kadek Iin Dwijayanti WFM, Gracelia Paramesthi Samekto MNW, Ni Nyoman Wahyu Udayani MNW, Nonia Andyk Ulandari MPW, Kadek Lusiana dan Rahila Ayodya Pinka.

"Untuk putri kita target semuanya lolos PON. Rivalitas nanti datang dari pecatur DKI Jakarta, Kaltim, lalu pecatur dataran Jawa.," kata Putu Widhiari.  dek

Komentar