nusabali

Bupati Giri Prasta Sambut Baik Mangupura Award 2023

Ajang Unjuk Inovasi, Reward Miliaran

  • www.nusabali.com-bupati-giri-prasta-sambut-baik-mangupura-award-2023

MANGUPURA, NusaBali - Pemkab Badung menggelar Mangupura Award 2023 yang diikuti oleh Pemerintahan Desa dan Perangkat Daerah. Mangupura Award menjadi salah satu cara pemerintah melaksanakan reformasi birokrasi.

Demikian diungkapkan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri puncak acara Mangupura Award 2023 di Panggung Terbuka Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Rabu (25/10). Turut hadir antara lain Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa, jajaran Forkopimda Badung, Sekda Wayan Adi Arnawa, Kepala Brida Provinsi Bali dan Kepala Brida Kabupaten/Kota se-Bali, jajaran Kepala OPD di lingkup Pemkab Badung serta Perbekel/Lurah se-Badung.

“Mangupura Award adalah penghargaan kepada instansi. Inilah kebijakan politik anggaran yang harus saya lakukan untuk memotivasi dinas. Bayangkan bila 38 OPD yang ada di Pemkab Badung semuanya berprestasi dan menyandang gelar zona integritas, maka Kabupaten Badung akan menjadi kabupaten zona integritas, role model tidak ada KKN dan korupsi,” ujar Bupati Giri Prasta.

Dalam setiap kesempatan Bupati Giri Prasta selalu menyampaikan kepada para Kepala OPD, para pegawai, Perbekel dan Lurah, agar secara terus-menerus meningkatkan profesionalisme dalam penyelenggaraan pemerintahan melalui tertib administrasi, memiliki budaya kerja yang produktif serta pelayanan publik yang prima. “Saya pun sebagai Bupati dengan dukungan penuh dari OPD, DPRD dan masyarakat Kabupaten Badung mendapatkan dana insentif daerah dari pemerintah pusat sebesar Rp 68 M, karena prestasi kita. Kami akan tunaikan dan berikan kembali kepada bapak/ibu sekalian yang betul-betul bisa mengangkat harkat dan martabat Kabupaten Badung ini. Saya pastikan Kabupaten Badung akan menjadi Badung Kuat, Badung Unggul dan Badung Juara,” ucapnya.

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta juga mengingatkan jajaran penyelenggara pemerintahan agar selalu memupuk komitmen untuk berupaya menjadi penyelenggara pelayanan publik yang semakin baik. Serta mengajak bekerja dengan hati, sepenuh hati dan berhati-hati, sebagai sumber kekuatan untuk mewujudkan reformasi birokrasi.

“Kepada para pemenang Mangupura Award, Adi Karya Nugraha dan Badung Festival Inovasi, saya ucapkan selamat dan sukses. Kepada perangkat daerah dan pemerintah desa yang belum berhasil pada penilaian Mangupura Award 2023 ini, terus lakukan pembenahan sistem kerja,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Brida Badung Wayan Suambara, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung yang telah memberikan kepercayaan kepada Brida sebagai pelaksana Mangupura Award. Serta kepada Sekda Badung yang secara intens telah memimpin rapat-rapat pembahasan dalam menyusun petunjuk teknis pelaksanaan Mangupura Award 2023. “Terima kasih pula kami sampaikan kepada seluruh perangkat daerah yang telah berpartisipasi aktif dalam penilaian ini,” katanya.

Sebagai informasi, pemenang Mangupura Award 2023 kategori Pemerintahan Desa peringkat I diraih oleh Desa Pecatu dengan hadiah memperoleh dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah sebesar Rp 6.210.000.000, peringkat II adalah Desa Punggul memperoleh dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah sebesar Rp 4.830.000.000, peringkat III adalah Desa Kutuh memperoleh dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah sebesar Rp 4.140.000.000.

Selanjutnya peringkat IV diraih Desa Blahkiuh memperoleh dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah sebesar Rp 3.795.000.000, peringkat V diraih Desa Darmasaba memperoleh dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah sebesar Rp 3.450.000.000, peringkat VI Desa Sulangai memperoleh dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah sebesar Rp 3.105.000.000. Sementara untuk kategori Kelurahan diraih Kelurahan Tanjung Benoa mendapatkan dana peningkatan kapasitas pegawai sebesar Rp 100.000.000.

Pemenang Mangupura Award 2023 untuk kategori Perangkat Daerah, diraih peringkat I oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dengan mendapatkan dana peningkatan kapasitas pegawai sebesar Rp 750.000.000, peringkat II diraih Dinas Perindustrian Dan Tenaga Kerja mendapatkan dana peningkatan kapasitas pegawai sebesar Rp 700.000.000,  peringkat III diraih Kecamatan Kuta Selatan mendapatkan dana peningkatan kapasitas pegawai sebesar Rp 650.000.000.

Sementara peringkat IV diraih Inspektorat mendapatkan dana peningkatan kapasitas pegawai sebesar Rp 550.000.000, peringkat V Sekretariat Daerah Kabupaten Badung mendapatkan dana peningkatan kapasitas pegawai sebesar Rp 450.0000.000, peringkat VI Dinas Pertanian dan Pangan mendapatkan dana peningkatan kapasitas pegawai sebesar Rp 400.000.000 dan peringkat VII Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mendapatkan dana peningkatan kapasitas pegawai sebesar Rp 350.000.000. @ ind

Komentar