nusabali

Pertamina Suplai BBM dan Konsumsi untuk Petugas Penanganan Bencana Kebakaran TPA Suwung

  • www.nusabali.com-pertamina-suplai-bbm-dan-konsumsi-untuk-petugas-penanganan-bencana-kebakaran-tpa-suwung
  • www.nusabali.com-pertamina-suplai-bbm-dan-konsumsi-untuk-petugas-penanganan-bencana-kebakaran-tpa-suwung

DENPASAR, NusaBali.com - PT Pertamina (Persero) melalui Fuel Terminal Sanggaran menyalurkan bantuan untuk penanganan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar. Bantuan tersebut diserahkan kepada Walikota Denpasar IGN Jaya Negara di depan Posko Penanganan Darurat Bencana kebakaran TPA Suwung Denpasar di areal TPA Suwung, Kamis (19/10/2023).

Bantuan yang diserahkan Pertamina berupa dukungan suplai bahan bakar khusus kendaraan TNI Polri yang membantu proses pemadaman di TPA Suwung dan dukungan konsumsi terhadap konsumsi petugas lapangan yang membantu pemadaman di TPA Suwung.

"Alokasi BBM Rp 7 juta per hari sementara ini. Konsumsi sekitar 250 bungkus per pengiriman, dimulai H+2 estimasi sesuai pemerintah daerah sampai tanggal 25 Oktober 2023," kata Endo Eko Satryo selaku Sales Area Manager Retail Bali PT Pertamina Patra Niaga.

Adhi Sadewo Broto selaku Fuel Terminal Manager Sanggaran PT Pertamina Patra Niaga menambahkan, Pertamina Sanggaran beroperasi normal selama terjadinya kebakaran TPA yang radiusnya kurang dari 1 km dari instalasi tersebut.

Untuk mengantisipasi hal tak diinginkan, peralatan pemadaman selalu stanby dan melakukan beberapa langkah seperti cooling tangki, menyiagakan water springkel di tangki yang sedang operasi, hingga water wall di area pengisian mobil tangki.

Sementara itu Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengapresiasi bantuan dari Pertamina. Menurutnya, bantuan tersebut sangat membantu proses pemadaman kebakaran di TPA Suwung.

"Sebelumnya kami melakukan permohonan ke Pertamina minta support BBM untuk TNI Polri yang mendukung pemadaman kebakaran TPA Suwung, karena kami belum ada sumber dananya sehingga minta Pertamina bantu. Mobil sudah kita data. Dengan data itu, BBM yang dibutuhkan akan dibantu Pertamina, jadi kita kolaborasi," kata Jaya Negara.

Jaya Negara juga menyebut jika bantuan konsumsi sangat diperlukan, karena di area TPA Suwung terlibat ratusan petugas, sehingga setiap hari harus disiapkan sekitar 1.000 nasi bungkus. Sehingga, diakui bantuan konsumsi sangat membantu untuk proses pemadaman kebakaran. 

Seperti diketahui, TPA Suwung di Denpasar mengalami kebakaran sejak Kamis (12/10/2023) pukul 11.00 Wita. Sampai Kamis (19/10/2023) masih belum padam total. Puluhan warga di sekitar TPA Suwung sempat mengungsi, namun kini sudah kembali ke rumah masing-masing.

Komentar