nusabali

Petugas Bakal Kawal Bilik Suara 24 Jam Penuh

KPU Tabanan Terima 6.180, Badung 5.940

  • www.nusabali.com-petugas-bakal-kawal-bilik-suara-24-jam-penuh

TABANAN, NusaBali - Distribusi logistik Pemilu 2024 berupa bilik suara ke kabupaten/kota terus berlanjut. KPU Tabanan dan Badung yang telah menerima ribuan bilik suara memastikan pengamanan bilik suara tersebut selama 24 jam penuh.

KPU Tabanan tercatat menerima sebanyak 6.180  buah bilik suara yang terbuat dari karton kedap air. Logistik pemilu itu diterima Jumat (15/10) dan langsung disimpan di eks Haryds Tabanan. Rencananya, bilik suara ini akan disalurkan pada H-1 (sehari sebelumnya,red) pemungutan suara ke masing-masing TPS (Tempat Pemungutan Suara). 

Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa mengatakan, bilik suara diterima sesuai dengan jumlah kebutuhan TPS di Tabanan. "Total jumlah TPS di Tabanan sebanyak 1.545 TPS. Masing-masing TPS memperoleh 4 bilik suara," ujar Weda Subawa, Senin (18/9). 

Disebutkan Weda Subawa, bilik suara ini masih dalam kondisi kertas lembaran alias belum dilakukan perakitan. “Perakitan dilakukan biasanya mendekati pemilihan. Sekarang bilik suara tersebut sudah kita simpan di gudang Arta Sedana atau eks Hardys Tabanan. Tempat penyimpanan ini disewa KPU Tabanan untuk menaruh seluruh logistik yang digunakan untuk persiapan Pemilu 2024," jelas Weda Subawa. 

Untuk keamanan logistik pemilu, ditegaskan Weda Subawa, pihaknya telah menyiagakan petugas di gudang penyimpanan. Kata dia, petugas piket berjaga secara bergiliran. “Petugasnya dari KPU Tabanan dan dibantu aparat kepolisian Polres Tabanan. Nantinya bilik suara ini akan dicek berkala menghindari kerusakan,” tegas Weda Subawa.  

Foto: Bilik suara saat diturunkan di Gudang Artana Sedana atau eks Hardys Tabanan, Jumat (15/10). -IST

Sementara Plt Ketua KPU Badung, I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra mengatakan 5.940 buah bilik suara yang diterima pihaknya kini disimpan di Gudang Logistik KPUD Kabupaten Badung, Jalan Gatot Soebroto Denpasar.

"Kami terima sejumlah 5.940 bilik suara. Sekarang disimpan di Gudang Logistik KPU Badung yang kami sewa. Lokasinya di Jalan Gatot Subroto Barat, Denpasar. Kami terima pada hari Jumat (13/10) lalu," ujar Yusa Arsana, dalam keterangannya, Senin (16/10).

Yusa Arsana menjelaskan, sejauh ini baru menerima bilik suara saja. Sedangkan untuk kotak suara dan kelengkapan logistik lainnya belum ada jadwal pengiriman. Saat ini pihaknya tengah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) pengelolaan logistik, bersama pokja (kelompok kerja), Polres Badung, Kodim, Satpol PP, Kesbangpol dan Bawaslu. "Seluruh logistik seperti bilik suara, kotak suara, surat suara, alat coblos, formulir dan lain-lain, sesuai ketentuan paling lambat kita terima H-7 pencoblosan. Kemungkinan logistik kita terima secara bertahap," kata Yusa Arsana.

Sementara Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Badung, Wayan Semara Cipta alias Kayun mengatakan, Bawaslu juga melaksanakan pengawasan terhadap logistik Pemilu 2024. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan logistik pemilu disiapkan sesuai dengan aturan.

"Hasil pengawasan Tim Bawaslu Badung per 13 Oktober 2023 sudah datang dua truk yang mengangkut bilik suara sebanyak 5.940 bilik suara. Truk pertama membawa 5.620 bilik suara dan truk kedua membawa 320 bilik suara. Kami sudah pastikan logistik yang datang sudah sesuai," ujar Kayun.n des,ind

Komentar