nusabali

Pertamina ‘Gandeng’ 40 UMKM

MotoGP Mandalika di Lombok

  • www.nusabali.com-pertamina-gandeng-40-umkm

DENPASAR, NusaBali - Perhelatan balap motor internasional MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023  yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 13 - 15 Oktober di Pertamina Mandalika International Circuit (PMIC) memberikan angin segar bagi perekonomian masyarakat Lombok Nusa Tenggara Barat.

Salah satunya adalah kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak secara langsung maupun tidak langsung dalam perhelatan tahunan tersebut.

Dalam Motor GP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023, Pertamina mengajak  sebanyak 40 UMKM dari NTB berpartisipasi, melalui booth UMKM yang ada di area Bhineka zone PMIC, untuk menyediakan souvenir serta produk makanan dan minuman di kawasan Mandalika.

Peserta UMKM  yang berpartisipasi dalam ajang MotoGP kali ini terbagi dalam dua kategori,  untuk  produk makanan dan minuman,  meramaikan area booth di Zona Bhinneka (Zona A), yang berdekatan dengan North Tunnel. 

Sementara UMKM lainnya akan berada di Zona B, dengan menyediakan kerajinan dan cinderamata khas Lombok, diantaranya aneka tenun, kerajinan anyaman bambu, mutiara, sablon kaos oleh-oleh Lombok, Batik khas Lombok, dan lainnya.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan menyampaikan bahwa booth UMKM ini sebagai bentuk dukungan Pertamina untuk memperkenalkan Lombok ke dunia internasional.

“Ini merupakan upaya Pertamina bersama dengan Pemerintah untuk mengembangkan dan mengenalkan Lombok ke dunia internasional, “  ujar Riva, sebagaimana rilis dari pelaksanaan Motor GP Pertamina Grand Prix Mandalika 2023. 

Dikatakan MotoGP  memiliki komunitas dan juga memiliki penggemar yang ada diseluruh penjuru dunia, sehingga ini merupakan salah satu upaya  untuk bisa membawa dan membantu pemerintah dalam mengembangkan Lombok dan juga mengembangkan Indonesia.

“Tentunya secara keseluruhan melalui industri pariwisata di Lombok ini," ujar Riva. K17.

Komentar