nusabali

Cegah Stunting, Rai Wahyuni Sanjaya Lahirkan Inovasi Lomba Posyandu

  • www.nusabali.com-cegah-stunting-rai-wahyuni-sanjaya-lahirkan-inovasi-lomba-posyandu

TABANAN, NusaBali - Menekan angka stunting di Tabanan, Ketua TP PKK Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya membuat lomba posyandu antar seluruh desa di Tabanan. Penilaian final dilakukan di Banjar Langan, Desa Blumbang, Kecamatan Kerambitan, Jumat (13/10).

Penilaian final dilakukan di Desa Blumbang karena desa tersebut membuat inovasi menyediakan posyandu remaja. Tentu inovasi tersebut mendapat atensi langsung dan diharapkan diikuti desa lain. 

Bunda Rai mengatakan lomba dibuat tak semata untuk meraih juara. Tetapi memberikan pemahaman bahwa keberadaan posyandu sangatlah penting membantu pemerintah memantau tumbuh kembang anak. 

"Saya membuat lomba ini bukan sekadar mencari juara, akan tetapi melalui lomba ini, saya ingin menambah dan mengembalikan lagi semangat untuk posyandu. Kita fokus menangani gizi anak-anak kita, bagaimana nantinya kita bisa mencetak anak-anak yang berkualitas, terutama kita mencegah jangan sampai anak-anak kita menjadi stunting," jelasnya. 

Di hadapan  warga Desa Blumbang dia menjelaskan penanganan stunting merupakan salah satu program prioritas baik dari pmerintah pusat, provinsi maupun labupaten. Penanganan stunting juga salah satu indikator pengukuran kinerja pemerintah derah serta merupakan program kerja prioritas dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabanan. "Jadi lomba posyandu ini sebagai salah satu aksi nyata dalam upaya penanganan stunting," jelasnya. 

Bunda Rai juga mengucapkan rasa bangganya, terhadap keberhasilan Kabupaten Tabanan terhadap penurunan stunting yang telah mencapai angka 8,2% dari yang sebelumnya 9,2%. “Jadi melalui kegiatan ini dan sinergi PKK dengan semua stakeholder yang terkait dengan kesehatan anak, saya ingin sinergi ini untuk lebih ditingkatkan lagi, tujuannya agar angka stunting semakin menurun," pintanya. 

Sementara itu Perbekel Desa Belumbang I Ketut Dhyana Putera mengharapkan masukan dan evaluasi dari Bunda Rai terhadap inovasi posyandu yang dilakukan. “Kami sangat mengharapkan masukan-masukan dari Ibu Ketua TP PKK, nantinya setelah mengevaluasi kegiatan kami yang ada di Posyandu, ke depannya bisa kami perbaiki, sekaligus memberikan wawasan kembali kepada kader-kader kami yang ada di Desa Belumbang. Sehingga tujuan kita dalam menjaga kesehatan masyarakat dan pencegahan stunting sesuai program pemerintah bisa berjalan," terangnya. 

Selain menilai, kedatangan Bunda Rai beserta jajaran yang juga ditujukan untuk bertemu dan melihat kondisi anak-anak di Posyandu tersebut, dikhususkan untuk memantau anak-anak yang beresiko stunting. Sebab, sesuai dengan  program Pemerintah Tabanan, yakni bersinergi dengan semua lini untuk menurunkan jumlah stunting di seluruh Tabanan. @des

Komentar