nusabali

Lahan Dekat Setra Bugbug Terbakar

  • www.nusabali.com-lahan-dekat-setra-bugbug-terbakar

Memang ada pemukiman di area dekat kebakaran, namun jaraknya cukup jauh. Tapi, jika tidak dapat penanganan lebih cepat, maka bisa saja pemukiman warga kena dampak.

AMLAPURA, NusaBali
Lahan seluas 2 are, dekat Setra Desa Adat Bugbug, di Banjar Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Karangasem, terbakar, Kamis (12/10) pukul 23.20 Wita. Penanganan kebakaran ini oleh petugas Damkar (Pemadam Kebakaran) menghabiskan sekitar 17.000 liter air.

Lahan berisi pohon kelapa yang terbakar ini milik warga, I Nengah Kari. Kelian Banjar Samuh Ni Nyoman Citera Darma Wijayanti memperkirakan penyebab kebakaran akibat puntung rokok yang masih menyala. Akibatnya, semak-semak dan sampah kering di lahan tersebut terbakar.

Kata Citera Darma, selama ini banyak truk-truk parkir di depan lahan itu. Dia menduga puntung rokok milik sopir truk terbuang ke lahan itu hingga memicu kebakaran. Lokasi kebakaran ini, jelas dia, sebelum Setra Desa Adat Bugbug, dari arah Amlapura - Denpasar, di timur jalan raya. " Memang ada pemukiman di area dekat kebakaran, namun jaraknya cukup jauh. Tapi, jika tidak dapat penanganan lebih cepat, maka bisa saja pemukiman warga kena dampak," tambahnya.

Warga I Gusti Arimbawa pelapor kebakaran itu ke Pos Damkar Karangasem di Jalan Gunung Agung. Laporan diterima petugas jaga I Komang Gede Juniada yang menerima laporan tersebut.

Penanganan di bawah koordinasi Danru 3 Putu Ariana, hadir anggota Babinsa (bintara pembina desa) Desa Bugbug Koptu I Made Mudana, anggota Bhabinkamtibmas (bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat) Desa Bugbug Aiptu I Putu Yasa, dan masyarakat.

Penanganan di bawah koordinasi Danru 3 I Putu Ariana. Petugas Damkar bolak-balik mengambil air karena pemadaman apinya lebih intens. Sebab kebakaran menyasar tumpukan sampah dan semak-semak. Petugas khawatir bara api tersembunyi di bagian bawah tumpukan sampah. Petugas pun menghabiskan 17.000 liter air untuk memadamkan  api hingga pendinginan.7k16

Komentar