nusabali

Wisdom Banjiri Arena Water Sport

  • www.nusabali.com-wisdom-banjiri-arena-water-sport

DENPASAR, NusaBali - Wisatawan domestik (wisdom) membantu meningkatkan keramaian atraksi water sport atau wisata tirta, dua bulan jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Hal itu setelah wisatawan mancanegara (wisman) mengalami penurunan. Wisman diprakirakan akan mulai ramai lagi November depan.

“Sekarang ini wisdom yang banyak,”  ujar Anak Agung Raka Bawa, owner Rai Water Sport di kawasan Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung, Kamis(12/10).

Dia tidak merinci lebih jauh. Yang pasti kata Gung Raka Bawa, kedatangan wisdom lebih banyak dibandingkan dengan wisdom. “Kemarin saja kami dapat 7 bus (sekitar 300 orang),” ungkapnya.

Belum lagi  yang datang bermain dan menikmati atraksi water sport lainnya  yang jumlahnya sekitar 26 perusahaan di kawasan Tanjung Benoa. “Memang lebih ramai domestik sekarang ini,” terangnya.

Sedangkan untuk wisman mengalami penurunan. Perkiraannya ratusan orang. Diantaranya, wisman dari Eropa, Australia, India dan China serta wisman lainnya.

Khususnya untuk wisman China juga belum banyak. “Memang sudah ada, jumlahnya puluhan orang saja,” ungkapnya.

Menurut Gung  Raka Bawa, pada pertengahan November depan, barulah wisman China akan mulai ramai datang. “Kami juga sudah menerima orderan grup,” ungkapnya.

Yang menarik adalah wisman India. Menjadi terbanyak kedua datang ke Bali, setelah wisman Australia, turis asal India  mulai suka wisata tirta. Sebelumnya turis India tidak begitu familiar dengan wisata air.

“Sejak setahun belakangan mulai ada yang suka water sport,” terang Gung Raka Bawa.

Untuk saat ini yang datang ke kawasan Tanjung Benoa lebih ramai dari wisman Tiongkok.   Jika wisman Tiongkok sekitar 50-an orang, wisman India dua kali lipat,  sekitar 100-an orang. Namun bukan di satu operator saja, tetapi secara keselurahan di Tanjung Benoa.

Namun apapun itu,  bagi pengelola water sport yang penting ada pemasukan dulu. Ada pendapatan, setelah lama sepi akibat pandemi Covid-19, dua tahun lalu.

“Syukur domestik cukup ramai,” demikian Gung Raka Bawa.

Untuk diketahui ada beragam  atraksi water sport. Diantaranya banana boat, parasailing, jet ski, sea walker, fly board, snorkeling, Big Mable lainnya. Atraksi water sport sendiri masuk dalam usaha wisata tirta. K17.

Komentar