nusabali

Kunjungan Wisatawan ke Pantai Melasti Melonjak

  • www.nusabali.com-kunjungan-wisatawan-ke-pantai-melasti-melonjak

MANGUPURA, NusaBali - Kunjungan wisatawan ke Pantai Melasti, yang berlokasi di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, mencapai puncaknya selama periode libur Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, dengan angka kunjungan yang sangat menggembirakan. Pada hari teramai, jumlah pengunjung bisa mencapai 9.202 orang dalam sehari.

Menurut Wayan Karnawa selaku Ketua Pengelola Pantai Melasti, tingkat kunjungan telah menunjukkan peningkatan signifikan mulai 6 April 2024. “Di hari biasa kunjungan mencapai 3.000, sedangkan pada akhir pekan bisa meningkat hingga 7.000 pengunjung. Namun, selama libur Lebaran tahun ini, kami melihat peningkatan yang luar biasa,” ujar Karnawa saat dikonfirmasi pada Selasa (16/4) siang.

Karnawa merinci, data kunjungan selama libur Lebaran menunjukkan angka yang impresif, dengan total jumlah kunjungan 7.311 wisatawan pada 10 April, 9.202 orang pada 11 April, 8.312 orang pada 12 April, dan 8.317 orang pada 13 April 2024.

Wisatawan domestik (wisdom), kata dia, masih mendominasi dengan proporsi 75 persen. Kebanyakan berasal dari Jawa Timur. Sedangkan wisatawan mancanegara (wisman), umumnya berasal dari Australia, Prancis, dan Rusia. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu mereka hanya untuk berjemur di pantai.

Selain menikmati keindahan pantai, Karnawa juga mengatakan jika wisatawan tertarik dengan pertunjukan Tari Kecak yang menjadi salah satu daya tarik utama di Pantai Melasti. Saat libur Lebaran, pengunjung yang memadati area stage Kecak mencapai ribuan penonton. Namun, untuk saat ini kapasitas pertunjukan masih berjalan dengan maksimal 750 penonton, dan kursi tambahan disediakan untuk mengakomodasi lonjakan jumlah penonton selama liburan.

“Selama Lebaran, jumlah penonton pertunjukan Tari Kecak mencapai 1.000 orang. Ini menurun selama bulan puasa, karena pertunjukan bertepatan dengan waktu berbuka, dengan hanya 100-200 penonton,” jelas Karnawa.

Disinggung soal kesiapan menghadapi lonjakan pengunjung, pihaknya sebagai pengelola telah menyiapkan strategi khusus. Seperti penambahan personel keamanan atau pecalang yang bertugas mengatur lalu lintas di area parkir. “Kami biasanya menambah 10 personel dari yang hanya 5 orang per shift,” sebut Karnawa.

Dalam menjaga daya tarik Pantai Melasti, Karnawa juga menegaskan komitmen pengelola dalam menjaga kebersihan dan kejernihan air pantai. “Harapan kami adalah selalu ada kunjungan ke Pantai Melasti, dan kami berupaya menjaga kawasan ini tetap bersih dan indah,” ujarnya.

Untuk diketahui, tarif masuk ke Pantai Melasti, wisdom dewasa dikenakan biaya Rp 8.000 dan anak-anak Rp 2.000. Sedangkan wisman Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Biaya parkir adalah Rp 2.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 10.000 untuk bus. 7 ol3

Komentar