nusabali

Caleg Diminta Adu Gagasan

Polres Jembrana Deklarasi Pemilu Damai

  • www.nusabali.com-caleg-diminta-adu-gagasan
  • www.nusabali.com-caleg-diminta-adu-gagasan
  • www.nusabali.com-caleg-diminta-adu-gagasan

NEGARA, NusaBali - Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana meminta para caleg dari partai politik serta kontestan di Pemilu 2024 adu gagasan untuk menciptakan pemilu damai dan tertib.

Hal itu diungkapkan Kapolres Dewa Juliana saat deklarasi damai dan doa bersama di Pura Jagatnatha, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan/Kabupaten, Jembrana, Senin (9/10) malam. 

Polres Jembrana menggelar acara deklarasi sebagai upaya cooling system  (pendinginan,red) jelang Pemilu 2024. Kegiatan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Hadir para tokoh-tokoh penting di Jembrana, seperti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Majelis Desa Adat, KPU, Bawaslu, para Ketua Lintas Agama, para Camat, Danramil, Kapolsek dan pimpinan partai politik. 

Kegiatan diisi dengan pembacaan deklarasi Pemilu Damai yang dibacakan siswa dari SMPN 1 Negara. Kemudian pembacaan puisi berjudul Seikat Bunga di Pesta Demokrasi, dan berlanjut doa bersama yang dipimpin oleh para perwakilan Agama Hindu, Islam, Kristen, Katolik, Budha, dan Konghucu.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana menyampaikan, saat ini tahapan Pemilu 2024 telah memasuki tahapan pencalonan Anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Sedangkan beberapa hari lagi, akan masuk tahapan pencalonan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Bersamaan dengan itu, Polri juga akan memulai operasi kepolisian dengan Sandi Ops Mantap Brata 2023-2024.

Menurut AKBP Dewa Juliana, untuk menciptakan situasi yang tetap kondusif terutama pada penyelenggara Pemilu, Polres Jembrana telah menempatkan personil pengamanan yang berjaga selama 24 jam di Kantor KPU, Kantor Bawaslu serta melakukan patroli rutin. Menurutnya, semangat Pemilu Damai ini menekankan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan selama pemilu. "Pihak-pihak yang terlibat diharapkan untuk tidak melakukan tindakan kekerasan atau anarkis yang dapat mengganggu proses pemilu. Toleransi dan kehormatan Pemilu Damai mendorong toleransi terhadap berbagai pandangan politik. Semua pihak harus menghormati hak orang lain untuk berpendapat dan berpartisipasi dalam pemilu tanpa intimidasi," ujar Kapolres Dewa Juliana.

Kapolres Dewa Juliana juga mengingatkan agar para calon maupun simpatisan dapat melaksanakan kampanye yang positif. Para calon melakukan kampanye dengan berfokus pada gagasan, visi, dan solusi untuk masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. Begitu juga para pimpinan parpol diharapkan mempromosikan Pemilu Damai dan menghindari tindakan yang dapat memicu konflik. "Melalui kegiatan deklarasi damai dan doa bersama hari ini, saya ingin mengajak semua untuk bersama-sama mendoakan semoga pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar,” ujar Kapolres Dewa Juliana. 

“Prinsip dan asas-asas pemilu, yakni langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil bisa terlaksana dengan baik. Serta kondisi keamanan, ketertiban masyarakat menjelang pemilu, saat pelaksanaan pemilu maupun setelah pelaksanaan pemilu tetap aman dan kondusif," tegas Kapolres Dewa Juliana.n ode

Komentar