nusabali

Operasi Mantap Brata Agung Songsong Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-operasi-mantap-brata-agung-songsong-pemilu-2024
  • www.nusabali.com-operasi-mantap-brata-agung-songsong-pemilu-2024

SINGARAJA, NusaBali - Polres Buleleng akan menggelar Operasi Mantap Brata Agung untuk mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024 dan digelar secara serentak.

Operasi ini dilakukan pada 2023 hingga 2024 dan akan dimulai pada 19 Oktober mendatang. Adapun rencananya dilaksanakan sesuai dengan tahapan inti Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kapolres Buleleng, AKBP I Made Dhanuardana pada Minggu (1/10) mengatakan, operasi tersebut bertujuan untuk melakukan rangkaian pengamanan pada pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Personel kepolisian akan ditempatkan di wilayah jajaran Polres Buleleng dalam rangka pengamanan Operasi Mantap Brata Agung. Para personel akan bertanggung jawab menjaga keamanan selama proses kampanye, pemungutan suara, penghitungan suara, dan tahapan-tahapan lainnya yang terkait dengan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaannya, Operasi Mantap Brata 2023-2024 personel kepolisian juga akan bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Pihaknya telah mengecek kesiapan personel yang akan dikerahkan dalam operasi ini, pada Sabtu (30/9) di halaman Mapolres Buleleng. Pengecekan dilakukan pada personel perorangan, serta sarana dan prasarana milik dinas kepolisian. Dalam kesempatan itu, ia juga menekankan netralitas anggota Polri.

"Diharapkan seluruh pesonel jaga kesehatan dan keselamatan saat pelaksanaan pengamanan rangkaian tahapan Pemilu 2024, dan jaga netralitas Polri, Bhabinkamtibmas agar tingkatkan sambang desanya menjelang Pemilu, apapun informasi yang didapatkan dilaporkan ke pimpinan," ujarnya. 7mzk

Komentar