nusabali

Tukad Lila Ulangun, Sungai yang Kini Mulai Terlihat Bersih dan Indah

  • www.nusabali.com-tukad-lila-ulangun-sungai-yang-kini-mulai-terlihat-bersih-dan-indah

DENPASAR, NusaBali.com - Tukad Lila Ulangun, sungai yang membelah Kelurahan Kesiman, Denpasar, kini telah terlihat menjadi lebih bersih dan indah. Hal ini berkat kerja keras dari warga, Komunitas Peduli Sungai Lila Ulangun, dan pihak terkait.

Kegiatan gotong royong pun rutin digelar, seperti yang terlihat pada Minggu (1/10/2023). Gotong royong kali ini untuk  tahap finishing penataan Tukad Lila Ulangun. 

Kegiatan ini meliputi pembersihan aliran sungai, penggalian tanah dan sampah plastik, penanaman tumbuhan hias, merapikan sekitar pinggiran sungai, penataan kebun, dan memaksimalkan kekurangan-kekurangan yang belum bisa dikerjakan sebelumnya.

Lurah Kesiman, I Nyoman Nuada, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program aksi perubahan dalam pelatihan kepemimpinan pengawas. Tujuannya adalah untuk mengubah pandangan masyarakat tentang Tukad Lila Ulangun, yang dulunya menjadi tempat pembuangan sampah.

"Kami berharap, Tukad Lila Ulangun ini nantinya akan menjadi suatu kepentingan tersendiri bagi manusia dan alam," kata Nuada.

Pada kesempatan ini, Nuada juga menyampaikan rencana untuk menata aliran-aliran sungai lainnya di wilayah Kelurahan Kesiman. Hal ini untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan. 

Gotong royong melibatkan KPS (Komunitas Peduli Sungai) Lila Ulangun, sekaa teruna  Gumi Kebonkuri, warga Banjar Kebonkuri, petugas kebersihan kelurahan, petugas Satgas Kebersihan Kecamatan Denpasar Timur. 

Kegiatan gotong royong untuk tahap finishing penataan Tukad Lila Ulangun berjalan lancar. Warga dan pihak terkait bahu-membahu membersihkan sungai dan menanam tanaman hias.

Salah satu hal yang menarik dari penataan Tukad Lila Ulangun adalah sumbangan dari pengusaha tanaman hias. Sebanyak 20 pengusaha dan penjual tanaman hias menyumbangkan 25 jenis tanaman hias dan 1.000 tanaman untuk ditanam di taman Tukad Lila Ulangun. "Ini merupakan bentuk kepedulian dari para pengusaha tanaman hias terhadap lingkungan," kata Nuada.

Penataan Tukad Lila Ulangun merupakan salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

Dijadwalkan Tukad Lila Ulangun wajah baru ini akan diresmikan pada bulan Oktober ini. *m03

Komentar