nusabali

Teco Yakin Kompetisi Liga 1 Akan Lebih Bagus

Jelang Championship Series, PT LIB Sosialisasi VAR kepada Bali United

  • www.nusabali.com-teco-yakin-kompetisi-liga-1-akan-lebih-bagus

GIANYAR, NusaBali - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi menggelar sosialisasi penggunaan Video Assistant Referee (VAR) kepada para pemain Bali United di Bali United Training Center, Gianyar, Kamis (2/5).

Sosialisasi diikuti para punggawa Serdadu Tridatu, karena dalam pertandingan Championship  Series akan menerapkan VAR dalam setiap pertandingan.

Pelatih Kepala Bali United, Stefano 'Teco' Cugurra mengatakan, skuad Bali United memperoleh ilmu baru dari operator kompetisi soal VAR yang akan diterapkan di Liga 1 dan dimulai pada babak Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 yang akan dilaksanakan pada pekan kedua Mei 2024. Teco pun menilai kehadiran VAR di Indonesia akan menjadi terobosan baru yang akan membantu wasit di lapangan. 

"Mudah-mudahan VAR membantu Liga 1 lebih bagus. Kita pikir positif karena sepakbola kita juga butuh untuk lebih fair play dengan membantu wasit. VAR bisa membantu wasit agar lebih adil bagi tim di lapangan, maka Liga di Indonesia bisa lebih bagus," ujar pelatih asal Brasil itu.

Kehadiran VAR ini tidak sepenuhnya mengubah keadaan dalam mengambil keputusan di lapangan. VAR akan membantu empat hal dalam membantu wasit mengambil keputusan yang tepat, yakni soal gol atau tidak, kartu merah langsung atau tidak, penalti atau tidak, dan kesalahan di lapangan. 

Pada Championship Series akan mempertemukan empat tim teratas di klasemen BRI Liga 1 2023/24 yang menuntaskan fase reguler 34 pekan pertandingan. Keempat tim itu adalah Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, Bali United dan Madura United.

Ya, Borneo FC menjadi pemuncak klasemen dengan 70 poin, disusul Persib 62 poin, lalu Bali United FC 58 poin dan Madura United FC 55 poin. Babak semifinal dan final akan berlangsung dengan laga kandang dan tandang, dimana peringkat pertama bertemu peringkat keempat dan tim peringkat kedua melawan peringkat ketiga. So, Borneo FC melawan Madura United FC dan Bali United FC menghadapi Persib Bandung. Pemenangnya akan bertemu di final Championship Series. 

Sementara iru, Bali United FC menjadi tim kedua yang mendapat sosialisasi dari operator kompetisi, setelah Persib. Berikutnya Borneo FC dan terakhir Madura United FC. Pihak operator yang hadir langsung di lokasi latihan Bali United, yakni lain Manager Media dan Komunikasi PT LIB, Hanif Marjuni, Manager Public Relations PT LIB, Sabina Katya, staf media PT LIB, Aditya Wirawan dan Asisten Instruktur VAR, Fachrizal Kahar. Untuk sesi sosialisasi berlangsung 90 menit jelang latihan sore di salah satu ruangan yang berada di Bali United Training Center.dar

Komentar