nusabali

Jorgen Martin Menangi Pole dan Sprint Race MotoGP Jepang

  • www.nusabali.com-jorgen-martin-menangi-pole-dan-sprint-race-motogp-jepang

TOKYO, NusaBali - Pembalap Prima Pramac Jorge Martin berjaya menjelang balapan utama MotoGP Jepang, Minggu (1/10). Ya, martin keluar sebagai juara sesi sprint race dan merebut pole position MotoGP Jepang, di Sirkuit Motegi, pada Sabtu (30/9).

Martin menjadi yang tercepat setelah merebut pole pada sesi kualifikasi pada hari yang sama, Sabtu. Kemenangan beruntun ini membuatnya mempersempit jarak dengan pemuncak klasemen sementara Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo). 

Kini jarak Martin hanya terpaut delapan poin. Bagnaia mengoleksi 299 poin, dan Martin 291 poin. Selain itu, hasil tersebut merupakan kemenangan sprint ketiganya secara berturut-turut setelah MotoGP San Marino dan MotoGP India.

Adapun Martin, yang memulai sesi Sprint di posisi terdepan, mengalami balapan yang cukup menantang karena para pembalap di belakangnya berusaha keras untuk merebut posisi tersebut.

Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) berusaha sekuat tenaga untuk tetap berada di posisi yang kurang lebih sejajar dengannya, namun harus puas finis sebagai runner up dengan selisih waktu 1,390 detik di belakang Martin.

Sedangkan Bagnaia mengamankan posisi ketiga dan terpaut 5,279 detik dari Martin. Balapan berlangsung sengit, namun Martin mampu mempertahankan kecepatannya dan fokus mengamankan hattrick kemenangan sprint race musim ini.

Sementara, dalam perebutan posisi ketiga, Bagnaia melakukan gerakan pertamanya di lini belakang tepat ke arah Jack Miller (Red Bull KTM), namun pembalap Australia itu tidak mau menyerah tanpa perlawanan. Bagnaia mencoba lagi untuk mengambil tempat ketiga dan perlawanan Miller akhirnya terpatahkan di lap kedua terakhir, dan ia finis di P4.

Hingga lap terakhir, Martin memimpin setiap lap sesi Sprint dengan performa yang sangat dominan untuk meraih kemenangan.

Sementara itu, Jorge Martin juga merebut pole keduanya musim ini setelah menjadi yang terdepan di kualifikasi. Martin di depan pemimpin klasemen sementara Bagnaia (Ducati Lenovo) dengan unggul tipis 0,171 detik. Sedangkan Jack Miller (Red Bull KTM) kembali ke barisan depan dengan finis di P3 dan terpaut sangat tipis dari Bagnaia dengan 0,182 detik saja.

“Saya merasa kuat sekali (pada sesi kualifikasi),” kata Martin, dikutip dari laman resmi MotoGP.

Bagnaia yang baru saja pulih dari cedera, pun menilai penampilannya hari ini cukup baik walaupun tidak mendapatkan pole. “Saya kira kami telah membuat langkah baru sedikit demi sedikit,” ujar pembalap yang akrab disapa Pecco itu.

Bagi Miller, dia merasakan posisi yang ia raih di kualifikasi merupakan sebuah kemajuan pesat. “Kami berkembang lebih baik, terus lebih baik di setiap sesinya!” kata Miller.

Sedangkan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) berhasil bangkit dari kecelakaan yang menimpanya di awal balapan hingga akhirnya finis di posisi keempat, terpaut tipis 0,426 detik saja dari Martin.

Melengkapi 10 besar, ada Brad Binder (Red Bull KTM), Fabio Digiannantonio (Gresini Racing), Marc Marquez (Repsol Honda), Maverick Vinales (Aprilia Racing), Aleix Espargaro (Aprilia Racing), dan Johann Zarco (Prima Pramac). ant

Komentar