nusabali

Produk Marketplace Lebih Murah dari Pasar Grosir

  • www.nusabali.com-produk-marketplace-lebih-murah-dari-pasar-grosir

JAKARTA, NusaBali - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan harga jual produk di marketplace jauh lebih murah. Bahkan dibandingkan dengan grosir offline.

“Pusat grosir mestinya tuh paling murah, mestinya. Tetapi yang dijual di online itu bisa separuh harganya gitu,” kata Zulhas saat mengunjungi Pusat Grosir Esemka, Jakarta Barat, Jumat (29/9) seperti dilansir CNNIndonesia.com.

“Jadi kalau tadi satu set itu dijual langsung Rp 120 ribu, di online itu harganya bisa Rp 60 ribu. Bedak tadi dia jual Rp 22 ribu, tapi di online bisa Rp 12 ribu sampai Rp 15 ribu,” imbuh Zulhas.

Zulhas mengatakan perbedaan harga yang sangat jauh itu sering menjadi keluhan para pedagang. Sebab itu, pemerintah mengatur perdagangan online melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, Dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Di sisi lain, meski pemerintah berupaya melindungi UMKM dengan melarang social commerce, Zulhas juga mendorong para pedagang untuk berjualan secara online. “UMKM, marketplace, lembaga perbankan, kita temukan agar ekosistemnya ketemu. Jadi UMKM belum mengerti marketplace, dilatih jualannya, packagingnnya, sehingga nanti selain offline bisa online,” katanya. 7

Komentar