nusabali

Moderasi Beragama SD No.1 Tuban, Siswa Muslim dan Hindu Hadiri Perayaan Maulid Nabi Muhammad

  • www.nusabali.com-moderasi-beragama-sd-no1-tuban-siswa-muslim-dan-hindu-hadiri-perayaan-maulid-nabi-muhammad
  • www.nusabali.com-moderasi-beragama-sd-no1-tuban-siswa-muslim-dan-hindu-hadiri-perayaan-maulid-nabi-muhammad
  • www.nusabali.com-moderasi-beragama-sd-no1-tuban-siswa-muslim-dan-hindu-hadiri-perayaan-maulid-nabi-muhammad

MANGUPURA, NusaBali.com - SD No. 1 Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat (29/9/2023). Perayaan ini digelar sebagai upaya untuk meningkatkan moderasi beragama di kalangan siswa.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dibentuk oleh Paguyuban Agama Islam dan Paguyuban Agama Hindu di sekolah yang berlokasi di Jalan Pelita No.11 Tuban, Kuta.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan siswa untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan agama," kata Kepala Sekolah SD No.1 Tuban, Ni Luh Rai Puspawati.


Dalam perayaan tersebut, siswa kelas 4, 5, dan 6 menampilkan berbagai pertunjukan, seperti tarian Bali, pembacaan ayat suci Al-Qur'an, dan hadroh. Selain itu, ada juga tausiah dari ustadz yang diundang.

Pipit Hariani, Ketua Paguyuban Agama Islam SD No.1Tuban, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mempererat hubungan antar umat beragama.

"Kami ingin agar siswa tidak membeda-bedakan teman mereka yang berbeda agama," kata Pipit.

Sementara itu Putu Eka Agus Mikananta, Guru Agama Hindu SD No. 1 Tuban, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan di era modern ini. "Di zaman yang serba digital ini, anak-anak sangat mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif, seperti ujaran kebencian dan diskriminasi," kata Eka.


Eka berharap, kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan moderasi beragama.

"Kegiatan ini bukan hanya sekadar menjadi ajang untuk meningkatkan kreativitas pada anak-anak melalui pementasan, akan tetapi banyak memberikan dampak-dampak postif khususnya pada generasi milenial saat ini tentang agama," kata Eka.

Perayaan Maulid Nabi yang digelar oleh SD No.1 Tuban merupakan upaya yang positif untuk meningkatkan moderasi beragama di kalangan siswa. Kegiatan ini mengajarkan siswa untuk saling menghormati dan menghargai perbedaan agama, serta mempererat hubungan antar umat beragama. *m03

Komentar