nusabali

Kejutan, Girona Geser Madrid dan Barcelona di LaLiga

  • www.nusabali.com-kejutan-girona-geser-madrid-dan-barcelona-di-laliga

MADRID, NusaBali - Girona membuat kejutan besar saat Kompetisi LaLiga Spanyol memasuki pekan ketujuh musim 2023/2024. Klub Catalan tersebut merebut puncak klasemen sementara dengan 19 poin dari 7 laga.

Ya, ‘klub saudara’ Manchester City di LaLiga itu mampu menggeser Real Madrid di urutan kedua dan Barcelona ketiga.

Bahkan Girona belum pernah kalah, 6 kali menang, sekali imbang, mencetak 18 gol, dan baru kebobolan 8 gol. Bahkan 18 gol dari 7 laga yang dicetak Girona sejauh ini selevel dengan Barcelona, sama-sama memimpin daftar tim dengan gol terbanyak di awal musim Liga Spanyol 2023/2024.

Saat menyambangi markes Villarreal dalam duel pekan ke-7 LaLiga 2023/2024 pada Kamis (28/9) dinihari WITA, diluar dugaan Girona kembali membawa pulang kemenangan. 

Mereka tertinggal lebih dulu saat Villarreal mendapatkan hadiah penalti di awal babak kedua. Dani Parejo melepas eksekusi sempurna di menit ke-49 untuk Villarreal.

Meski begitu, Girona segera bangkit dan mencetak dua gol balasan dengan cepat. Artem Dovbyk menyamakan kedudukan (56'), Eric Garcia menggandakannya (61'). Hasil itu membuat Girona menjaga tren positif lima kemenangan beruntun di Liga Spanyol 2023/2024, lebih baik dari Real Madrid dan Barcelona.

Tidak kalah di tujuh laga beruntun di awal musim, ini jadi catatan baru dalam sejarah Girona. Mereka bermain sangat baik dan konsisten di tujuh laga tersebut. Girona memulai musim dengan imbang 1-1 lawan Real Sociedad. Setelahnya meraih tiga kemenangan beruntun atas Getafe (3-0), Sevilla (2-1), dan Las Palmas (1-0).

Level permainan terbaik Girona terlihat jelas saat menghajar Real Mallorca dalam duel pekan ke-6 La Liga 2023/2024. Lima gol dicetak Girona lewat serangan-serangan impresif. Pelatih Girona Michel layak mendapat apresiasi untuk kerja kerasnya. Dia membentuk tim yang sekarang selama dua tahun terakhir.

Meski namanya tidak terkenal, Girona sebenarnya punya cukup banyak pemain bintang berbakat. Bahkan sebagian besar pemain masuk radar tim top. Misalnya, bek kanan muda Arnau Martinez (20 tahun). Lalu Miguel Gutierrez, bek kiri yang pernah belajar di akademi Real Madrid. 

Bintang utamanya adalah Aleix Garcia, gelandang yang mendikte permainan tim. Girona punya kiper berpengalaman, Paulo Gazzaniga. Lalu Yangel Herrera dan Cristhian Stuani juga sering memberi kontribusi penting. Lalu striker muda Ukraina Artem Dovbyk terbukti sangat tajam dan efektiv mencetak gol.

Fakta lain yang tidak kalah menarik, Girona menjadi bagian dinasti raksasa City Football Group yang dipimpin Sheikh Mansour. Konsorsium ini memang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia sepak bola.

City Football Group memiliki 47% saham kepemilikan Girona. Situasi hampir sama dialami klub-klub lain, di antaranya New York City (AS), Melbourne City (Australia), Yokohama Marinos (Jepang), dan Manchester City (Inggris). Sudah rahasia umum City Football Group memiliki basis pendanaan yang kuat. Itu ditambah perencanaan proyek perkembangan tim yang valid.

Sementara usai dipermak tim rival sekota Atletico Madrid, Real Madrid menang 2-0 atas Las Palmas di Santiagi Bernabeu, Kamis dinihari Wita. Sukses itu membawa Madrid menggeser Barca yang awalnya ada di puncak klasemen. Namun, Los Blancos tidak di puncak karena Girona mengalahkan Villarreal untuk memastikan diri di puncak.

Dua gol Los Blancos dicetak Brahim Diaz pada masa injury time babak pertama dan Joselu pada menit ke-54. Tiga poin dari laga itu membuat Real Madrid (18 poin) menggeser Barcelona (17 poin). *

Komentar