nusabali

Pemkab Klungkung Rencanakan Pengadaan 1 Armada Damkar

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-rencanakan-pengadaan-1-armada-damkar

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung merencakan pengadaan satu unit armada pemadam kebakaran (Damkar) dengan anggaran Rp 1,5 miliar pada APBD Perubahan Tahun 2023.

Armada Damkar ini akan disiagakan di Klungkung daratan. Di Klungkung daratan yang mewilayahi Kecamatan Klungkung, Kecamatan Dawan, dan Kecamatan Banjarangkan hanya ada 2 unit Damkar dan 1 unit mobil tangki. Sedangkan di Kecamatan Nusa Penida siaga 1 armada Damkar.

Kasatpol PP dan Damkar Klungkung Dewa Putu Suarbawa mengatakan, pengadaan 1 unit Damkar berkapasitas 4.000 liter sudah diusulkan di APBD Tahun 2023. Namun keuangan daerah tidak memungkinkan, akhirnya pengadaan direalisasikan di APBD Perubahan Tahun 2023. “Armada Damkar ini akan kami siagakan di Klungkung daratan,” ujar Dewa Suarbawa, Minggu (24/9). Menurut Dewa Suarbawa, di Klungkung daratan ada 3 unit armada Damkar, namun 1 unit akhirnya dibawa ke Nusa Penida sejak Maret 2022 lalu. “Kondisi Damkar di Nusa Penida yang dibawa dari Klungkung daratan masih bagus,” jelas Dewa Suarbawa.

Idealnya, di Nusa Penida ada 2 unit Damkar. Namun ketersediaan Damkar di Nusa Penida akan dikaji lagi. Jika mendesak, tidak menutup kemungkinan siagakan 2 Damkar di Nusa Penida. Hingga saat ini belum ada parkir khusus untuk menempatkan armada Damkar di Nusa Penida. Buat sementara parkir di areal Kantor Camat Nusa Penida dengan pelindung terpal.

Sebelumnya, 1 unit armada Damkar di Nusa Penida sudah keropos dan tidak bisa dioperasikan lagi. Armada Damkar ini akhirnya dipindahkan serangkaian Nusa Penida Festival pada Oktober 2023 nanti. Damkar tersebut selama ini parkir di areal Kantor Camat Nusa Penida dan dipindahkan ke areal penampungan air PDAM di Banjar Celuk, Desa Kutampi Kaler, Kecamatan Nusa Penida, pada Rabu (20/9) pagi. Pemindahan armada Damkar rusak ditarik menggunakan tali oleh armada Damkar yang masih bagus. 7 wan

Komentar