nusabali

Gianyar Diapit 2 Sumber Gempa Potensial

BPBD Ajak Masyarakat Siap untuk Selamat

  • www.nusabali.com-gianyar-diapit-2-sumber-gempa-potensial

GIANYAR, NusaBali - Kabupaten Gianyar secara tektonik diapit dua sumber gempa potensial yakni  di sisi selatan dan zona Flores Thrust di sisi utara.

Indek risiko bencana gempa bumi Kabupetan Gianyar tahun 2020 pada level tinggi dengan nilai 26,10 (BNPB). Berdasarkan kondisi tersebut, BPBD Kabupaten Gianyar mengajak masyarakat siap untuk selamat. 

Salah satunya melalui kegiatan pengurangan risiko bencana dengan metode bimbingan teknis (Bimtek) pada kelompok rentan. Seperti Bimtek melatih Tim Siaga Bencana untuk Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kabupaten Gianyar, 20-22 Sepetember 2023. “Dengan Bimtek ini diharapkan para guru dan tenaga di SLB Negeri 1 Gianyar terlatih siaga bencana,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gianyar I Gusti Ngurah Dibya Presasta seizin Kepala Pelaksana BPBD Gianyar Ida Bagus Putu Suamba, Kamis (21/9). 

Dibya Presasta dan narasumber lainnya mengedukasi peserta terkait rencana simulasi bencana berbasis risiko. SLB yang masuk kategori kelompok rentan diharapkan memahami rancangan peta risiko dan jalur evakuasi jika terjadi gempa. Harapan ke depan, mendapat dukungan dari Pemkab Gianyar melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar dan mitra tangguh lainnya. Tujuannya, meningkatkan kapasitas kesiapsiagaan bencana di semua sekolah (PAUD hingga SMP) dalam mewujudkan Gianyar Aman Bencana. 7 nvi

Komentar