nusabali

Liga 1 Diusulkan Jeda saat Piala Asia U-23

  • www.nusabali.com-liga-1-diusulkan-jeda-saat-piala-asia-u-23

JAKARTA, NusaBali - Ketua umum PSSI Erick Thohir mengusulkan Liga 1 2023/2024 rehat saat gelaran Piala Asia U-23 2024. Hal itu diharapkan menjadi solusi agar pemain tak ditahan klub.

Piala Asia U-23 akan digelar di Qatar pada 15 April - 3 Mei 2024 atau di luar agenda FIFA Matchday. Liga 1 sendiri baru akan menyelesaikan pekan terakhirnya yakni pekan ke-34 pada 28 April 2024.

Sedangkan liga-liga Eropa dan Asia dimana beberapa anggota Timnas U-23 bermain, juga masih berjalan. Usulan Liga 1 rehat setidaknya dapat memastikan Timnas U-23 tak terkendala pemanggilan pemain yang bermain dalam negeri.

"Kami cari solusi sama-sama tapi saya meminta kepada liga (PT Liga Indonesia Baru) khususnya buat Piala Asia u-23 bulan April, saya memohon kepada liga berhenti sebentar," kata Erick Thohir.

Selanjutnya PSSI akan mencari solusi memanggil pemain yang bermain di luar negeri. Mereka adalah Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Rafael Struick (ADO Den Haag), Ivar Jenner (Jong Utrecht), dan Elkan Baggott (Ipswich Town).

Ada kekhawatiran para pemain tersebut tak akan dilepas klubnya masing-masing. Sebab klub memang tak punya kewajiban melepas pemain di luar agenda FIFA Matchday.

"Para pemain kita di Eropa masih belum mendapatkan jawaban bisa memperkuat atau tidak. Kita ketahui ada empat hingga lima pemain bermain di Eropa," kata Erick Thohir. *

Komentar