nusabali

Undiksha Lepas 1.575 Mahasiswa Magang

  • www.nusabali.com-undiksha-lepas-1575-mahasiswa-magang

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Melalui Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP), kembali melepas 1.575 mahasiswa untuk mengikuti program magang pada industri dan dunia kerja (IDUKA), Selasa (19/9).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha Prof Dr Gede Rasben Dantes ST MTI menyampaikan, kegiatan magang itu merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dilaksanakan Undiksha. Pelaksanaan program magang ini juga sebagai bentuk implementasi Permendikbud No 3 Tahun 2020 terkait dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Esensi kegiatan magang, jelas dia, mahasiswa tidak hanya mengetahui permasalahan di lapangan. Mahasiswa juga dapat mengaitkan dengan teori yang dipelajari selama lima semester. Tetapi, terpenting adalah Undiksha ingin mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru dari para praktisi, terjadi transfer keterampilan, maupun transfer pengetahuan dari pembimbing di lapangan.

Selain itu, mahasiswa juga diinginkan mendapatkan transfer teknologi yang mungkin belum didapatkan dalam perkuliahan. "Yang paling penting dari proses pendidikan adalah transfer of value dari pembimbing di lapangan agar mahasiswa mengetahui nilai etos kerja yang baik, memiliki nilai kemanusian," ungkap Rasben Dantes.

Kepala Pusat Magang IDUKA Undiksha Ketut Udy Ariawan ST MT mengatakan, kegiatan magang ini akan berlangsung dari 19 September - 29 Desember 2023. Magang diikuti 1.575 mahasiswa dari 33 program studi, baik pendidikan maupun non pendidikan.

Progam magang terdiri atas wirausaha merdeka (WMK), magang study independen bersertifikat (MSIB), maupun program-program hibah lainnya. Pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan 402 industri dan dunia kerja. Selama magang, mahasiswa akan didampingi oleh dosen pembimbing dan juga akan mendapat monitoring dari pimpinan lembaga. "Para mahasiswa akan diberikan beberapa tugas dan kewajiban dari mentor di lapangan," pungkasnya.7mzk

Komentar