nusabali

Bupati Sanjaya dan Rai Wahyuni Sanjaya Hadiri Pameran Kriyanusa

Promosikan Produk Tabanan

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-dan-rai-wahyuni-sanjaya-hadiri-pameran-kriyanusa

TABANAN, NusaBali - Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya bersama Ketua Dekranasda Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya menghadiri pameran Kriyanusa Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (13/9).

Pameran yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bertujuan untuk mempromosikan produk-produk kriya dari seluruh Indonesia. Pameran dengan tema ‘Kriya Unggul, Indonesia Maju’ dibuka Pembina Dekranas yang juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin ditandai dengan menabuh rebana bersama-sama. 

“Ini adalah wadah yang tepat untuk mempromosikan karya-karya para perajin Indonesia yang mengagumkan,” ujar Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin. Wury menambahkan, kriya sebagai bagian budaya di Indonesia karena hasil tangan para perajin Nusantara punya peranan penting untuk pelestarian hingga pengembangan budaya lokal. Senada dengan hal tersebut, Ketua Dekranasda Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya mendukung diselenggarakannya Kriyanusa ini. Apalagi Kabupaten Tabanan sangat getol mendorong para pelaku usaha yang bergerak di bidang kerajinan agar produknya lebih berkembang melalui berbagai promosi. 

“Kami telah membuat inovasi yakni Pojok Dekranasda yang memamerkan produk-produk para perajin lokal di lobi Kantor Bupati Tabanan,” ujar Rai Wahyuni Sanjaya. Dalam mempromosikan produk-produk maupun karya-karya perajin selalu dikaitkan dengan berbagai kegiatan. Salah satunya dalam setiap kegiatan atau event ikut dilibatkan. Bahkan, Pojok Dekranasda telah hadir di setiap kecamatan di Kabupaten Tabanan. “Kami selalu memberikan ruang bagi pelaku IKM untuk mempromosikan produknya,” terang Rai Sanjaya. 

Dekranasda Kabupaten Tabanan menampilkan berbagai macam produk kerajinan lokal unggulan antara lain kerajinan keramik dari Keramik Marga dan Tanteri Keramik Desa Pejaten, gerabah, fashion jineng kebaya, songket Pupuan, lukisan sution oreasi, kerajinan besi warna warni, tas rajut deva, dan Bali Aksesories. Pameran Dekranas dalam Kriyanusa 2023 mengajak lebih dari 300 perajin kriya Nusantara mengikuti ajang tersebut agar budaya-budaya dari setiap daerah di Indonesia bisa lebih dikenal oleh masyarakat mulai dari ibu kota. @ des 

Komentar