nusabali

Truk Mogok di Samsam, Macet Parah 6 Jam

  • www.nusabali.com-truk-mogok-di-samsam-macet-parah-6-jam

TABANAN, NusaBali - Jalur Denpasar-Gilimanuk mengalami kemacetan parah, Rabu (13/9). Hal tersebut dipicu adanya dua truk mogok di tanjakan Samsam, Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan.

Truk pertama yang sebabkan macet ini adalah truk Fuso nopol L 9025 UL yang dikemudikan Suradji, 52, sekitar pukul 04.00 Wita. Truk muatan pakan ternak seberat 25 ton tak kuat menanjak karena tiba-tiba mati mesin saat melaju dari arah utara (Gilimanuk) menuju selatan (Denpasar). 

Sopir asal Malang ini pun tak bisa berkutik sebab truk setelah mati mesin mogok tak bisa bergerak dan berhenti di tanjakan Samsam. Dan selang sejam kemudian datang lagi truk dari arah utara muatan besi dari arah utara. 

Truk kedua yang ada di belakang ini rencananya hendak menyalip dengan mengambil haluan ke kanan. Celakanya, karena situasi saat itu sedang hujan dan didukung jalan berlumpur karena pengerjaan gorong-gorong, truk kedua ini justru rodanya slip dan ikutan mogok. 

Akibat dua truk yang mogok tersebut, arus lalu lintas jalur nasional ini macet parah hingga 6 jam. Bahkan karena arus krodit, pengendara yang menuju arah barat banyak mengambil jalur bagian selatan tepatnya Jembatan Tibubiu, Desa Tibubiu, Kecamatan Kerambitan yang tembus sampai jalur nasional Kecamatan Selemadeg. 

Kapolsek Kerambitan Kompol I Gusti Putu Sudara mengatakan akibat dua truk yang mogok memang menyebabkan arus lalu lintas krodit. "Sehingga kami berlakukan buka tutup arus lalu lintas," ujarnya. 

Proses evakuasi dua truk ini cukup lama. Sebab terlebih dahulu harus mencari montir untuk menghidupkan mesin. Setelah itu baru kemudian ditarik menggunakan derek. Evakuasi dua truk itu baru tuntas  pukul 11.00 Wita. 7des

Komentar