nusabali

Tekuk Prancis 2-1, Jerman Kembali ke Jalur Kemenangan

  • www.nusabali.com-tekuk-prancis-2-1-jerman-kembali-ke-jalur-kemenangan

DORTMUND, NusaBali.com - Era baru Timnas Jerman dimulai dengan kemenangan 2-1 atas Prancis, Rabu (13/9/2023). Kemenangan laga persahabatan di Signal Iduna Park, Dortmund, ini sangat penting karena menjadi kemenangan pertama Jerman setelah dalam lima laga sebelumnya tidak bisa menang.

Tuan rumah Euro 2024 Jerman menghentikan tiga kekalahan beruntun dan mendapatkan kembali kepercayaan diri menyusul penampilan buruk dan pemecatan pelatih Hansi Flick pada hari Minggu (10/9/2023).

Gol dari Thomas Muller dan Leroy Sane di awal dan akhir pertandingan bisa mengembalikan kepercayaan diri Jerman. 

Prancis, runner-up Piala Dunia 2022, tidak menurunkan tim terkuat mereka, dengan kapten dan striker top Kylian Mbappe di bangku cadangan, kinerja Jerman secara keseluruhan jauh lebih baik dari kekalahan kandang 4-1 dari Jepang pada hari Sabtu yang menyebabkan kepergian Flick.

“Bagi kami jelas kami akan banyak berlari hari ini,” kata Muller. “Itu adalah situasi yang gila dalam tiga hari terakhir. Tapi selamat kepada Rudi dan stafnya atas cara mereka menanganinya.

"Kami melakukan apa yang harus kami lakukan, kami bekerja keras dan kami mendapat imbalan atas hal itu. Kami seharusnya tidak terlalu memikirkan kemenangan ini, namun bagi kami ini adalah pelepasan emosional yang kecil."


Tim Jerman, yang dipimpin oleh direktur olahraga Rudi Voller, menekan sejak awal. Mereka mendapat ganjarannya ketika pemain veteran Muller mencetak gol dari dalam kotak penalti setelah melakukan 13 umpan bagus pada menit keempat.

Prancis perlahan-lahan mulai menguasai permainan dan menjadi lebih berbahaya, dengan Randal Kolo Muani dan Aurelien Tchouameni memberikan tekanan pada pertahanan tuan rumah.

Tendangan rendah Tchouameni pada menit ke-57 memaksa Marc Andre ter Stegen melakukan penyelamatan bagus, yang juga menggagalkan upaya Antoine Griezmann pada menit ke-82 dengan menepis tembakannya melewati mistar gawang.

Sane kemudian melakukan break cepat untuk mencetak gol pada menit ke-87 sebelum menjatuhkan Marcus Thuram dua menit kemudian untuk mendapatkan penalti, dan Griezmann memperkecil ketertinggalan bagi tim tamu.

“Penting bagi para pemain, federasi untuk bermain seperti itu, apalagi di babak pertama itu adalah performa terbaik,” kata Voller, pemenang Piala Dunia 1990 yang melatih Jerman pada 2000-2004. "Ini melegakan bagi kami semua. Rasanya menyenangkan terutama setelah kekalahan baru-baru ini."

Sebelum mengalahkan Prancis, kemenangan yang diraih Jerman terjadi pada  26 Maret 2023 saat mengalahkan Peru 2-0.

Setelah itu Jerman kalah 2-3 dari Belgia pada 29 Maret 2023, lalu  ditahan Ukraina 3-3 pada 13 Juni 2023, selanjutnya dibekuk Polandia 1-0 pada 17 Juni 2023, dikalahkan Kolombia 2-0 pada 21 Juni 2023, hingga puncaknya dibantai Jepang 4-1 di kandang mereka sendiri pada Sabtu lalu.

Komentar