nusabali

AP I Borong 18 Penghargaan dalam Ajang ASQ Awards

  • www.nusabali.com-ap-i-borong-18-penghargaan-dalam-ajang-asq-awards

MANGUPURA, NusaBali - Angkasa Pura I selaku pengelola 15 bandara yang ada di Indonesia mendapat 18 penghargaan dalam ajang prestisius tingkat dunia Airport Service Quality Awards (ASQ Awards).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Airports Council International itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menyumbang dua kategori, masing-masing Best Airport of 15 to 25 Million Passanger in Asia Pasific dan Director General’s Roll of Exellence.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menjelaskan 18 penghargaan yang diperoleh oleh Angkasa Pura I merupakan capaian tertinggi dan terbanyak pertama didapat oleh pihaknya selaku pengelola bandara. Dari 15 bandara yang dikelola, sebanyak 8 bandara yang mendapat penghargaan ASQ Awards masing-masing Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 5 penghargaan, Bandara Pattimura Ambon dengan 4 penghargaan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 2 penghargaan, Bandara Juanda Surabaya dengan 2 penghargaan, Bandara Internasional Yogyakarta dengan 2 penghargaan, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan 1 penghargaan, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan 1 penghargaan, dan Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 1 penghargaan.

“Ada 8 bandara yang mendapat penghargaan. Sementara 7 lainnya belum memenangkan kategori di ajang tersebut,” jelasnya, Jumat (8/9).

Untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai ada 2 penghargaan yang diraih. Adapun kategori tersebut masing-masing Best Airport of 15 to 25 Million Passanger in Asia Pasific dan Director General’s Roll of Exellence. Menariknya, untuk Director General’s Roll of Exellence merupakan penghargaan yang didapatkan secara berturut-turut dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini.

Atas capaian itu, Faik mengaku sangat bangga dan sekaligus terharu saat menerima penghargaan secara langsung yang digelar di Incheon, Korea Selatan tersebut. “Prestasi yang sangat luar biasa ini merupakan wujud apresiasi, pengakuan, dan bukti nyata dari upaya kami dalam menepati komitmen pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara,” katanya.

Untuk diketahui, lanjut Faik, ASQ Awards merupakan satu-satunya program pengukuran tingkat kepuasan pengguna jasa bandara yang diselenggarakan oleh organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada, yaitu Airports Council International (ACI). ASQ Awards merupakan wujud pengakuan kepada pengelola bandara-bandara di dunia yang mampu memberikan customer experience atau pengalaman pelanggan terbaik yang didasarkan atas suara pengguna jasa bandara.

“Penghargaan ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006, serta saat ini melibatkan 400 bandara di 95 negara di dunia. Yang mana, aspek program penilaian Airport Service Quality (ASQ) dan lainnya,” kata Faik. 7 dar

Komentar