nusabali

ISI Denpasar Tayangkan Delapan Film Hasil Penelitian

  • www.nusabali.com-isi-denpasar-tayangkan-delapan-film-hasil-penelitian

DENPASAR, NusaBali - Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Pengembangan Pendidikan (LP2MPP) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar mengadakan Diseminasi Hasil Penelitian dan Penciptaan Seni (P2S) bertempat di Gedung Dharma Negara Alaya, Denpasar, Jumat (8/9).

Mengangkat tema 'Sang Kawi-Wiku Metu Saking Bhuddihi Sang Kawiwara' (Lahir dari Batin Sang Raja Seniman), sebanyak delapan film hasil penelitian dan penciptaan seni para dosen ditayangkan dalam kesempatan tersebut.

Adapun kedelapan film yang ditampilkan berupa video pembelajaran, dokumenter hingga film animasi. P2S merupakan salah satu skema penelitian yang dikeluarkan LP2MPP ISI Denpasar kepada para dosen penelitinya. Ketua Panitia Diseminasi Hasil Penelitian dan Penciptaan Seni (P2S) 2023, Prof Dr Ni Luh Sustiawati menyampaikan P2S LP2MPP ISI Denpasar merupakan program dalam rangka memberikan ruang dan kesempatan dosen-dosen ISI Denpasar untuk mengekspresikan ide-ide penelitian dan penciptaan seninya.

"Sebelum dilakukan diseminasi, karya-karya tersebut telah melalui sejumlah tahapan uji, mulai wawancara para ahli, publikasi di jurnal ilmiah, hingga beberapa ada yang telah didaftarkan hak ciptanya (HAKI)," ujar Prof Sustiawati. Delapan (ketua) peneliti ISI Denpasar yang memenangkan hibah penelitian tahun 2023 ini, yakni Prof Dr Ni Luh Sustiawati MPd (judul karya Penciptaan Prototype Video Pembelajaran Mengaransemen Lagu Rakyat Bali dalam Bentuk Vokal Kelompok), I Kadek Widnyana SSP MSi (Wayang Cinema Kresna Sang Duta Perdamaian), Nyoman Lia Susanthi, SS MA (Film Musik Pengantar Roh Kawyagita Mandala Gong Luang), Gede Basuyoga Prabhawita, SSn MSn (Undagi Mahottama Biografi I Gusti Made Gede (1840-1843), I Gede Agus Indram Bayu A, SSn MSn (Animasi Cerita Edukasi Cupak Gerantang), Wahyu Indira SSn MSn (Pratyupeksa), I Made Denny Chrisna P SSn MSn (Padu Arep Metamorfosa Nada Rasa), dan Agus Ngurah Arya P SSn MSn (Media Video Animasi dan Buku Profil Seni Prasi dan Seni Kain Tenun Songket Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem).

Terkait dengan tema yang diangkat 'Sang Kawi-Wiku Metu Saking Bhuddihi Sang Kawiwara' (Lahir dari Batin Sang Raja Seniman), Prof Sustiawati menyampaikan bahwa hal tersebut bermakna karya-karya yang dipersembahkan para dosen peneliti ISI Denpasar diharapkan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat dalam menghadapi kehidupan lahir dan batin.

"Manajemen seni itu ada penggalian, pelestarian, pengembangan, penyebarluasan, sehingga generasi penerus tidak jauh dari warisan nenek moyang kita," lanjutnya. Ia pun memastikan jika diseminasi karya para dosen ISI Denpasar tidak akan berhenti sampai di sini. Pihaknya menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Daerah di Bali agar apa yang dihasilkan dalam P2S kali ini bisa dimaksukkan ke dalam kurikulum di sekolah.

Tidak hanya di sekolah, sebelum melakukan penelitian dan penciptaan seni ini, pihaknya juga harus memikirkan di mata kuliah apa hadil penelitian ini dapat diintroduksi. "Jadi kita juga harus melihat fenomena apa yang lagi booming," tandasnya. Sementara itu Ketua LP2MPP ISI Denpasar Dr Drs I Wayan Suardana, MSn menyampaikan, diseminasi hasil penelitian dan penciptaan seni ini menjadi tanggung jawab peneliti agar dapat diketahui masyarakat dan disebarluaskan. Ia berharap diseminasi tidak hanya dilakukan pada tingkat lokal Bali, namun lebih luas secara nasional bahkan internasional.

"Ini adalah tanggung jawab apa yang telah dimenangkan dan dumunculkan ke masyarakat muudah-mudahan bisa diterima masyarakat dan bisa menyebar," sebutnya. Ia juga menekankan pentingnya para dosen untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi termasuk dengan menampilkan hasil penelitian ke dalam bentuk video atau film. "Kita yang ada di bidang seni harus bisa akrab dengan teknologi untuk mendukung profesi kita," pungkasnya. 7 cr78

Komentar