nusabali

Diproyeksikan Piala Asia, PSSI Kejar Naturalisasi Bek Venezia

  • www.nusabali.com-diproyeksikan-piala-asia-pssi-kejar-naturalisasi-bek-venezia

JAKARTA, NusaBali - PSSI memproyeksikan bek klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar. Karena itu, PSSI pun segera memulai proses naturalisasi Jay Idzes agar tuntas sebelum Indonesia berkancah di Piala Asia 2023.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal Venezia, Jay Idzes, akan kami proses untuk memperkuat Timnas Indonesia," tutur Ketua PSSI, Erick Thohir.

"Jay Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan insyaallah akan menambah kekuatan Timnas Indonesia," ucap Erick Thohir.

Ya, Timnas Indonesia akan berlaga di Piala Asia 2023 pada 12 Januari-10 Februari 2024. Skuad Garuda tergabung di Grup D bersama Timnas Jepang, Timnas Irak, dan Timnas Vietnam. Untuk naturalisasi itu, PSSI berlomba dengan waktu. Praktis, waktunya tinggal kurang lebih empat bulan lagi untuk memberikan status kewarganegaraan Indonesia bagi Jay Idzes.

Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga juga mengungkapkan pihaknya akan memperjuangkan naturalisasi Jay Idzes agar selesai sebelum Piala Asia 2023. "Kami akan kejar," ujar Arya Sinulingga.

Jay Idzes lahir di Geldrop-Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000. Usianya masih 23 tahun. Kakek dan neneknya berasal dari Jakarta. Pada bursa transfer musim panas 2023, Jay Idzes pindah ke klub Serie B 2023/2024 atau kasta kedua Liga Italia, Venezia, dari tim Belanda, Go Ahead Eagles.

Jay Idzes selalu bermain sebagai starter dan tidak tergantikan di Venezia paa musim ini, dengan rincian empat kali di Serie B dan sekali di Coppa Italia 2023/2024.

Palang pintu berpstur 190 cm itu memulai karier profesionalnya bersama FC Eindhoven pada 2018 sebelum hijrah ke Go Ahead Eagles pada 2020. Tiga tahun di Go Ahead, Jay membukukan 93 penampilan dengan tiga gol, lima assist, plus 10 kartu kuning dalam 7.036 menit bermain. Dalam musim terakhirnya di Go Ahead Eagles di Eredivisie atau divisi teratas Liga Belanda, Jay Idzes beraksi 32 kali alias hanya dua kali absen.*

Komentar