nusabali

Aprilia Berjaya di FP Pertama

Kecelakaan Lagi, Marc Marquez Finis Nomor 21

  • www.nusabali.com-aprilia-berjaya-di-fp-pertama

BARCELONA, NusaBali - Dua pembalap Aprilia, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales berjaya. Mereka mengawali rangkaian MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya pada Jumat (1/9) dengan catatan bagus, yakni finis pertama dan kedua.

Pada sesi latihan bebas 1 (FP1) MotoGP Catalunya Aleix Espargaro finis pertama dengan catatan waktu 1 menit 39,809, lalu disusul Maverick Vinales di posisi kedua.

Aleix Espargaro turut jadi pembalap pertama yang catatan waktunya tembus 1 menit 39 detik kali ini. Adapun rider Pramac, Jorge Martin juga mengawali MotoGP Catalunya dengan torehan positif dan finis ketiga. 

Catatan tersebut menandakan tiga besar FP1 MotoGP Catalunya semua diisi pembalap tuan rumah, Spanyol. Sedangkan rider Brad Binder dari Red Bull KTM (RC16, Afrika Selatan) di urutan keempat. Pimpinan klasemen sementara Francesco Bagnaia (Italia) dari tim Ducati Lenovo (GP23) di urutan kelima.

Sedangkan pembalap tuan rumah lainnya, Marc Marquez kembali melanjutkan tren negatif. Tampil di trek yang sangat dikenalnya, Marc Marquez terpuruk di posisi 21 dari total 22 pembalap.

Rapor kelam bertambah karena Marc Marquez mengalami kecelakaan pada Tikungan 5. Dia pun mengakhiri FP1 lebih dini ketimbang pembalap lainnya.

Sementara itu, Jorge Martin mengancam hengkang karena merasa dianaktirikan Ducati. Dia juga merasa jenuh karena selalu dipinggirkan. Hal itu muncul setelah Jorge Martin diminta tidak mengganggu pembalap utama Ducati, Francesco Bagnaia. 

Martin pun memberi ancaman balik untuk hengkang jika dirinya tak dihargai di MotoGP Catalunya 2023 nanti. Martin tak menampik keinginannya bergabung tim pabrikan Ducati. Namun, hingga kini, dia belum tahu kapan hal itu bisa diwujudkan.

“Yang pasti, masuk ke tim factory adalah impianku. Saya tidak tahu kapan hal itu akan terjadi. Ducati adalah satu-satunya yang bisa mengambil keputusan dan mengubah sesuatu. Tapi jujur Targetku di tahun 2025 sudah masuk tim pabrikan," ucap Martin.

Hasil FP1 MotoGP Catalunya
1 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
2 Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
3 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
4 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
5 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
6 Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)
7 Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)
8 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
9 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
10 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
11 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
12 Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
13 Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23)
14 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*
15 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
16 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
17 Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
18 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
19 Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
20 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
21 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
22 Iker Lecuona SPA LCR Honda (RC213V)

Komentar