nusabali

Duel Thailand-Indonesia di Semifinal Piala AFF U-23

STY Evaluasi Taktik dan Strategi

  • www.nusabali.com-duel-thailand-indonesia-di-semifinal-piala-aff-u-23

Evaluasi juga bagaimana cara bermain dan lebih simple dan harus lebih tepat mengambil keputusan. Untuk persiapan saya tentu sangat siap ya untuk melawan Thailand.

JAKARTA, NusaBali
Usai memastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-23, Timnas Indonesia menggelar evaluasi meeting tim sebelum. Ada beberapa hal yang harus ditingkatkan dan dipersiapkan secara strategi dan taktik.

Demikian diungkapkan bek Timnas U-23 Kadek Arel Priyatna, usai pelatih Shin Tae-yong memberikan arahan untuk menghadapi Thailand di semifinal Piala AFF U-23 2023, di Stadion Rayong, Bangkok, Kamis (24/8) malam, pukul 21.00 Wita. Evaluasi juga dilakukan dari hasil di dua laga fase grup menghadapi Malaysia (kalah 1-2) dan Timor Leste (menang 1-0).

"Evaluasi juga bagaimana cara bermain dan lebih simple dan harus lebih tepat mengambil keputusan. Untuk persiapan saya tentu sangat siap ya untuk melawan Thailand dan persiapan tim tentu kita sedang mempersiapkan taktik untuk lawan Thailand, semoga nanti hasilnya positif," kata Kadek Arel di laman PSSI, Rabu (23/8).

Sebelum mendapatkan kepastian lolos ke semifinal, Timnas U-23 terus melakukan persiapan pada Selasa (22/8). Setelah semua laga fase grup beres malamnya, Timnas U-23 dipastikan menjadi runner-up terbaik.

"Untuk menu latihan tentu persiapan kami melawan Thailand. Menu taktikal bagaimana kami mempersiapkan lawan Thailand," tutur Kadek Arel.

Sementara itu, Shin Tae-yong (STY) sendiri menyinggung filosofi sepak bola fairplay saat menanggapi lolosnya tim Garuda Muda ke semifinal AFF U-23, setelah timnas Vietnam mengalahkan Filipina. STY mengacu pada laga antara Vietnam melawan Thailand pada AFF U-19 lalu yang menurutnya juga berjalan fairplay.

"Ketika Piala AFF U-19 di Indonesia (tahun lalu) dalam pertandingan Thailand melawan Vietnam, saya percaya pertandingan itu berjalan fairplay. Jadi saya pikir yang disajikan Vietnam (vs Filipina) dalam pertandingan itu juga demikian," kata STY.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengatakan bahwa keempat tim yang lolos ke semifinal merupakan tim yang layak. STY menilai Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam layak ke semifinal. Dia berharap semifinal akan menyajikan pertandingan bagus. 

Dalam laga semifinal nanti, skuad Garuda Muda punya satu keuntungan, yakni waktu istirahat lebih lama.  Malaysia vs Vietnam akan main lebih dulu pukul 17.00 Wita, dan dilanjutkan Indonesia vs Thailand pada pukul 21.00 Wita.

Indonesia lolos dari lubang jarum fase grup sebagai runner up terbaik. Timnas U-23 meraih tiga poin berkat satu kemenangan dan satu kekalahan. Hasil itu mengungguli dua tim lain yang ikut berebut tiket runner-up terbaik, yakni Kamboja dan Filipina. 

Kamboja sebenarnya mengoleksi 4 poin dari fase grup Piala AFF U-23 2023. Tapi hasil itu diraih Kamboja dari tiga pertandingan, alias satu laga lebih banyak ketimbang Indonesia.

Di Piala AFF U-23 2023, Kamboja di Grup A yang berisikan empat tim. Sedangkan Grup B (Indonesia) dan Grup C (Filipina) masing-masing tiga tim. Dalam laga terakhirnya, Filipina kalah 0-1 dari Vietnam. 

Timnas U-23 punya keuntungan jelang semifinal Piala AFF U-23 2023 nanti. Skuad Garuda Muda punya waktu istirahat lebih banyak dibanding Thailand!

Beckham Putra dkk terakhir kali bermain pada Minggu (20/8), artinya waktu istirahat bersih selama tiga hari. Sedangkan Thailand terakhir main pada Senin (21/8), artinya waktu istirahat bersihnya dua hari. ant

Komentar