nusabali

Polsek Tanam Mangrove di Nusa Penida

  • www.nusabali.com-polsek-tanam-mangrove-di-nusa-penida

SEMARAPURA, NusaBali - Jajaran Polsek Nusa Penida, Klungkung bersama TNI, komunitas pemuda peduli lingkungan, masyarakat, dan warga negara asing (WNA) menanam mangrove di pesisir Pantai Pangkung, Dusun Kangin, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Rabu (23/8) pagi.

Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan, hutan mangrove sangat berperan menjaga garis pantai agar tetap stabil. 

Pohon dan semak pada hutan mangrove dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. Hutan mangrove juga melindungi pantai dari erosi dan abrasi. “Kami ingin mendorong dan mendukung seluruh masyarakat untuk bersama-sama menanam pohon untuk kepentingan kita semua, demi anak-anak kita nanti,” ujar Kompol Sumerta. 

Sementara Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta memimpin penanaman pohon kelapa di Banjar Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari HUT ke-78 RI dengan mengusung tema ‘Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini’ dan Polres Klungkung menanam 1.000 pohon. Hadir, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Wakapolres Klungkung Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan, Kapolsek Klungkung AKP I Wayan Sarjana serta Bhayangkari dan undangan lainnya.

Kapolres AKBP Sadiarta mengatakan, penanaman pohon dilakukan di beberapa lokasi sehingga bisa menggaungkan kepada masyarakat untuk sama-sama peduli lingkungan. “Kami berharap kegiatan ini bermanfaat baik bagi lingkungan,” harap AKBP Sadiarta. 7 wan

Komentar