nusabali

TOSS Center Akan Dilengkapi Tempat Rekreasi

  • www.nusabali.com-toss-center-akan-dilengkapi-tempat-rekreasi

SEMARAPURA, NusaBali - Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Banjar Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung mendapatkan bantuan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 4,9 miliar. Bantuan ini untuk penataan dan pengembangan TOSS Center dengan membangun taman, jalur jogging, dan penambahan empat sel sampah.

TOSS Center akan menjadi tempat rekreasi. Dana DID sebesar Rp 4,9 miliar itu sebagai reward inovasi TOSS lolos Top 5 Outstanding Achievement Of Public Service dengan kategori ‘Sangat Terpuji’ Tahun 2022.

Plt Kadis Lingkungan Hidup dan Pertanahan (LHP) Klungkung I Ketut Suadnyana berharap dengan pengembangan TOSS ini mampu memfasilitasi masyarakat dalam memberikan edukasi tempat rekreasi. “Sampah tidak selalu jelek jika sudah bisa dikelola dengan baik,” ujar Suadnyana, Jumat (18/8). Anggaran Rp 4,9 miliar setelah ditender menjadi Rp 3,8 miliar. "Pengerjaan sudah dimulai sejak Juli 2023," ujar Suadnyana yang juga menjabat Kadis Kebudayaan Klungkung.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sudah sempat meninjau TOSS Center, Desa Kusamba, Jumat (11/8). Tujuannya, untuk memberikan arahan dan motivasi kepada Plt Kadis LHP I Ketut Suadnyana dan jajaran agar bekerja berkesinambungan dan penuh semangat agar pengolahan sampah di TOSS Center berjalan maksimal.

Bupati Suwirta meminta Suadnyana menambah tenaga sehingga pekerjaan berjalan maksimal dan selesai tepat waktu tanpa mengurangi kualitas pekerjaan. “Jika pembangunan ini sudah selesai, TOSS Center ini akan sangat indah di dalamnya ada tempat rekreasi, tempat jogging yang akan memberikan kenyamanan dan tempat menyenangkan bagi tamu yang berkunjung sehingga ilmu-ilmu tentang cara pengolahan sampah bisa dipelajari di sini,” harap Bupati Suwirta. 

Kesediaan pupuk organik saat ini sebanyak 50 ton lebih yang akan dibagikan secara gratis kepada para petani setelah Hari Raya Kuningan. “Mudah-mudahan yang kami lakukan ini dapat memberikan manfaat bagi para petani,” harap Bupati Suwirta. 7 wan

Komentar