nusabali

Hadiri Pelantikan Rektor Primakara University, Gubernur Koster Tegaskan Dukung Ekonomi Kreatif Digital

  • www.nusabali.com-hadiri-pelantikan-rektor-primakara-university-gubernur-koster-tegaskan-dukung-ekonomi-kreatif-digital

DENPASAR, NusaBali.com - Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan Pemerintah Provinsi Bali memberikan fokus perhatian pada sektor Industri Kecil Menengah (IKM), Usaha Kecil Menengah (UKM), Koperasi dan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital.

Dukungan terhadap ‘digitalisasi’ tersebut diungkapkan saat menghadiri pelantikan I Made Artana SKom MM sebagai Rektor Primakara University, Jumat (18/8/2023).

Hal tersebut, kata Gubernur Koster, dibuktikan juga dengan pergelaran seni budaya di Bali yang mendapat sentuhan kemajuan teknologi.

“Tidak hanya PKB (Pesta Kesenian Bali) yang menjadi wahana kesenian tradisi. Ataupun Festival Seni Bali Jani sebagai wadah seni modern yang saya kembangkan, namun kita juga memiliki Bali Digital Fest yang berkaitan dengan pesatnya perkembangan teknologi digital,” kata Gubernur Koster.

Karena itulah gubernur dari Desa Sembiran Buleleng ini mengaku senang dengan keberadaan Primakara University yang peduli dengan kemajuan teknologi digital.

Apalagi sosok Made Artana diakui sebagai tokoh penting di balik Bali Digital Fest ataupun terobosan-terobosan Pemprov Bali, utamanya di bidang teknologi digital. 

“Kontribusinya (Made Artana) besar dalam mensupport Pemprov Bali,” kata Koster. 

Made Artana sendiri menjadi Rektor Primakara University yang pertama, setelah lembaga pendidikan ini bertransformasi dari  Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara.

Perubahan status kelembagaan ini resmi diakui dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 433/E/O/2023 tanggal 22 Mei 2023 tentang Izin Penggabungan Akademi Akuntansi Denpasar dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Primakara menjadi Universitas Primakara.

Transformasi ini sejalan dengan peran Primakara sebagai pembangun ekosistem ekonomi kreatif digital, yang terus tumbuh dan berkembang.

“Langkah ini juga mencerminkan tingginya kepercayaan yang diberikan oleh mahasiswa, masyarakat, serta pihak-pihak yang berkepentingan kepada Primakara,” kata Made Artana.

Pelantikan Made Artana sebagai rektor Primakara University pada Jumat (18/8/2023) itu juga diikuti peresmian Sekretariat Bersama Bali Digital. 

"Primakara University adalah bukti nyata dari komitmen kami untuk memberikan pendidikan tinggi yang relevan dengan zaman ini dan untuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif digital," tuntas Made Artana

Komentar