nusabali

Gelar Lomba Senam Nangun Sat Kerthi

Desa Tulikup Rayakan HUT Ke-78 RI

  • www.nusabali.com-gelar-lomba-senam-nangun-sat-kerthi

GIANYAR, NusaBali - Pemerintah Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Gianyar, memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, 17 Agustus, dengan beberapa kegiatan.

Salah satunya, Lomba Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang dilaksanakan di Balai Banjar Meranggi, Desa Tulikup, Rabu (16/8) sore.

Lomba dengan peserta kalangan ibu-ibu PKK dari tujuh banjar itu juga serangkaian peringatan Bulan Bung Karno. Lomba berlangsung meriah, bahkan seru. Karena masing-masing regu peserta lomba dari tiap banjar tersebut mengajak suporter. Setiap tampilan regu selalu diiringi aplaus dan sorak sorai penonton.

Lomba dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar diwakili salah satu Ketua Pokja, Ni Nyoman Sudarmi. Tampak hadir, perwakilan Muspika Gianyar, Perbekel Tulikup I Made Ardika, Badan Perwakilan Desa (BPD) Tulikup, aparat desa, para kepala kewilayahan, pencipta Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali IGN Made Sinar Darma Yasa, dan ratusan warga. Lomba melibatkan dewan juri yang sangat berkompeten dalam bidang senam tersebut.

Perbekel Tulikup I Made Ardika mengatakan, pelaksanaan Lomba Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali ini tidak sekadar untuk memeriahkan peringatan Bulan Bung Karno dan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus. Lomba ini sekaligus menjadi salah satu wujud semangat masyarakat dalam membangun Desa Tulikup. Sebagaimana diketahui, desa paling timur di Kabupaten Gianyar telah berhasil melaksanakan sejumlah program pembangunan baik bersifat fisik dan non fisik atau pemberdayaan. Salah satunya, Desa Tulikup berhasil melaksanakan program peningkatan kualitas pangan Masyarakat melalui Puspa Aman, sebagaimana digaungkan oleh Pemkab Gianyar dan TP PKK. ‘’Kami berterimakasih atas dukungan semua pihak hingga pembangunan Desa Tulikup makin maju demi kesejahteraan masyarakat,’’ jelasnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, dalam sambutannya dibacakan Ni Nyoman Sudarmi, mengatakan peringatan bulan Bung Karno dan HUT Kemerdekaan RI sangat penting untuk meningkatkan semangat masyarakat untuk membangun. ‘’Dengan peringatan ini yang diisi Lomba Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali, akan dapat memupuk semangat gotong royong dan sportivitas hingga mengimbas kepada generasi muda serta masyarakat luas,’’ ujarnya.

Pencipta Senam Nangun Sat Kerthi Loka Bali IGN Made Sinar Darma Yasa menyampaikan kebanggaannya kepada Pemerintah Desa Tulikup dan jajaran yang telah melaksanakan lomba ini. Dia menyampaikan, Senam Nangun Kerthi Sat Loka Bali lahir atas gagasan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster. Kata dia, senam ini unik. Karena komposisi gerakannya diformat dengan semangat religius enam Sat Kerthi Loka Bali. Gerakan senam ini pun sangat pakem, dalam arti tidak bisa diubah-ubah, meskipun mengandung unsur kreasi SKJ (senam kesegaran jasmani).

Oleh karena itu, jelasnya, jika senam ini dilakukan dengan sempurna dan rutin, maka hasilnya dapat menyehatkan tubuh secara lahir, batin, jiwa atau mental. ‘’Sesuai hasil penelitian oleh ahlinya, senam ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan fisik dan motorik otak atau saraf,’’ ujarnya. Hasil keputusan dewan juri lomba, Juara I diraih PKK Banjar Kembengan, Juara II PKK Banjar Pande, dan Juara III PKK Banjar Menak.7lsa

Komentar