nusabali

Warga Binaan Rutan Gianyar Ikuti Penyuluhan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Serviks

  • www.nusabali.com-warga-binaan-rutan-gianyar-ikuti-penyuluhan-deteksi-dini-kanker-payudara-dan-serviks

GIANYAR, NusaBali.com - Warga Binaan Perempuan Rutan Gianyar mendapat penyuluhan dan sosialisasi deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim (serviks) di Ruang Kunjungan Rutan Gianyar pada Rabu (16/8/2023).

Penyuluhan dan sosialisasi tersebut diisi oleh Kasi Dokkes Polres Gianyar, Ipda dr Made Ayu Meita Wulandari yang mengajak seluruh warga binaan perempuan agar lebih peduli dan berkomitmen dalam pencegahan dan penanggulangan kanker leher Rahim (serviks) dan payudara. 

Lebih lanjut ia jelaskan, deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim (serviks) dapat dilakukan dengan cara melalui peningkatan edukasi, deteksi dini, dan menjaga pola hidup sehat.



"Untuk mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengendalian kanker leher rahim dan payudara, perlu adanya upaya massif yang dilakukan oleh semua pihak. Jadi ingat lebih baik mencegah dari pada mengobati," ungkap Ipda dr. Made Ayu Meita Wulandari.



Kasubbag Dalops Bag Ops Polres Gianyar, AKP Yuliana Lomi mengatakan bahwa Polwan Polres Gianyar melaksanakan kegiatan bakti sosial ini dalam rangka menyambut HUT ke-75 Polwan pada 1 September 2023 mendatang dengan mengusung tema Polri Presisi Untuk Negeri, Polwan Siap Mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia. salah satunya dengan melaksanakan pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan, curhat ceria, dan pembagian vitamin.



“Sebelumnya kegiatan bakti sosial ini adalah dalam rangka menyambut Hari Polwan Ke-75 tanggal 1 September nanti, jadi kami berharap warga binaan yang ada di sini selalu sehat dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dan mudah-mudahan dengan niat dan kegiatan baik ini, kami semua bisa menjadi lebih baik ke depannya,” ujar wanita yang juga menjabat sebagai Koordinator Tim.



Dalam kesempatan yang sama, Kepala Rutan Gianyar, Muhammad Bahrun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada srikandi-srikandi Polres Gianyar yang sudah peduli dengan menyelenggarakan bakti kesehatan bagi warga binaan di Rutan Gianyar. 

Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk warga binaan agar lebih menjaga dan peduli dengan kesehatannya sekaligus semakin mempererat sinergitas Rutan Gianyar dan Polres Gianyar.



“Kami sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan bakti kesehatan ini sehingga warga binaan Rutan Gianyar dapat lebih sadar lagi untuk menjaga kesehatan. Juga kiranya melalui kegiatan ini dapat menjalin hubungan yang baik antara Rutan Gianyar dan Polres Gianyar agar semakin PRESISI di ulang tahun Polwan ke-75 tahun ini,” ujarnya.



Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali Anggiat Napitupulu menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara instansi pemerintah terutama Kepolisian dengan Kementerian Hukum dan HAM. Anggiat juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut.



"Ini merupakan bentuk sinergitas antar sesama Instansi Pemerintah, khususnya Kepolisian Republik Indonesia dengan Kementerian Hukum dan HAM. Sinergi dan kerjasama seperti ini sangat baik untuk ditingkatkan kedepannya, sehingga seluruh komponen pemerintah saling bahu-membahu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tutup Anggiat. *ris

Komentar