nusabali

Prediksi Cuaca di Bali Selama Hari Raya Kuningan

  • www.nusabali.com-prediksi-cuaca-di-bali-selama-hari-raya-kuningan

MANGUPURA, NusaBali.com - Data Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar menyebutkan kondisi cuaca secara umum di wilayah Bali saat Hari Raya Kuningan dan Umanis Kuningan cerah hingga berawan pada 12-13 Agustus 2023.

“Cuaca secara umum diprediksi cerah hingga berawan. Terdapat hujan ringan secara tidak merata di sebagian wilayah Bali,” terang Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho pada Jumat (11/8/2023).

Lebih lanjut ia jelaskan, kondisi angin umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 4 hingga 35 kilometer per jam. Tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0.25 hingga 1 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 0.75 hingga 3 meter, di selat Bali berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter dan di selat lombok berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter.

Sementara kondisi cuaca secara umum di wilayah Bali saat ini diprediksi cerah berawan. Namun, berpotensi hujan ringan secara tidak merata di wilayah Bali bagian selatan, barat, dan utara. 

Suhu udara berkisar antara 20 hingga 32 derajat celcius dengan kelembapan udara berkisar antara 55 hingga 90 persen. 

Sedangkan, angin umumnya bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 9 hingga 35 kilometer per jam. 

Tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0.25 hingga 1 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 0.75 hingga 2.5 meter, di selat Bali berkisar antara 0.5 hingga 2 meter dan di selat lombok berkisar antara 0.5 hingga 2 meter.

“Kondisi ini disebabkan oleh suhu muka laut di sekitar wilayah Bali umumnya berkisar antara 24 hingga 29 derajat celcius dan massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 850 mb atau setara 1.500 meter,” tambah dia.

Cahyo memperingatkan potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, selat Lombok bagian selatan, perairan selatan Bali, dan Samudera Hindia selatan Bali. 

Masyarakat juga diimbau agar tetap waspada dan berhati-hari terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat beserta petir.

“Masyarakat umum, nelayan dan pelaku wisata bahari mewaspadai potensi peningkatan kecepatan angin serta tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali dan selalu memperhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim ekstrem,” tutupnya.

Berikut ulasan perkiraan cuaca saat Hari Raya Kuningan dan Umanis Kuningan cerah hingga berawan pada 12-13 Agustus 2023:

  • Amlapura: Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, siang, dan malam hari. Sedangkan pada dini hari cuaca diprediksi berawan.

  • Bangli : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, siang, dan malam hari. Sedangkan pada dini hari cuaca diprediksi berawan.

  • Denpasar : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, dan malam hari. Sedangkan pada siang dan dini hari cuaca diprediksi berawan.

  • Gianyar : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, dan malam hari. Sedangkan pada siang dan dini hari cuaca diprediksi berawan.

  • Mengwi: Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, dan malam hari. Sedangkan pada siang dan dini hari cuaca diprediksi berawan.

  • Negara: Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi hari. Sedangkan pada siang, malam,  dan dini hari cuaca diprediksi berawan.

  • Semarapura: Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, dan malam. Sedangkan pada siang hari cuaca diprediksi berawan dan dini hari cuaca diprediksi hujan ringan.

  • Singaraja : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, dan siang. Sedangkan pada malam hari cuaca diprediksi berawan dan dini hari cuaca diprediksi hujan ringan.

  • Tabanan : Prakiraan cuaca cerah berawan pada pagi, dan malam hari. Sedangkan pada siang dan dini hari cuaca diprediksi berawan. *ris

Komentar