nusabali

Panitia Karya Sediakan 2 Kantong Parkir Khusus

Pujawali di Pura Dalem Sakenan, Ida Bhatara Nyejer 3 Hari

  • www.nusabali.com-panitia-karya-sediakan-2-kantong-parkir-khusus

DENPASAR, NusaBali - Pujawali di Pura Dalem Sakenan, Desa Adat Serangan, Denpasar Selatan akan dilaksanakan pada Rahina Suci Kuningan, Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (12/8).

Serangkaian pelaksanaan tersebut, Ida Bhatara Nyejer selama tiga hari hingga Anggara Pon Langkir, Selasa (15/8). Untuk mengantisipasi membeludaknya pamedek yang tangkil, panitia telah menyiapkan kantong parkir khusus.

Selain penyediaan area parkir khusus, krama yang ingin bernostalgia menaiki jukung bisa melalui Dermada Segara Kodang Pamelisan dan Dermaga Pantai Mertasari. Jukung tersebut sudah disiapkan oleh para nelayan untuk mengangkut pamedek.

Lurah Serangan I Wayan Karma, Rabu (9/8), mengatakan rangkaian Pujawali di Pura Dalem Sakenan akan dimulai pada Wraspati Pon Kuningan, Kamis, 10 Agustus 2023, yang diawali dengan mareresik atau bersih-bersih, ngiyas, dan mamenjor. Dilanjutkan pada Sukra Wage Kuningan, Jumat (11/8) akan dilaksanakan prosesi Ngelungan Ida Bhatara ke Pura Pesamuhan Agung. Sedangkan puncak Pujawali dilaksanakan pada Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (12/8), bertepatan dengan Hari Suci Kuningan.

Selanjutnya, bakti penganyar dilaksanakan secara berturut pada 13 dan 14 Agustus 2023 serta upacara Panyineban dilaksanakan pada 15 Agustus 2023. Karma menjelaskan, untuk mengantisipasi membeludaknya pamedek yang tangkil, pihaknya mengimbau agar krama memanfatkan waktu bakti penganyar.


Selama tiga hari Ida Bhatara Nyejer krama dapat melaksanakan persembahyangan pujawali. Tak hanya itu, pihaknya juga telah menyiapkan dua titik sebagai kantong parkir untuk mengantisipasi krodit lalu lintas. Dua kantong parkir dimaksud adalah di kawasan Jembatan Serangan dan di kawasan Lapangan I Wayan Bulit Serangan.

“Jadi kami mengimbau krama untuk tidak fokus ke satu hari saja untuk tangkil, bisa memanfaatkan saat bakti penganyar. Untuk parkir agar dapat menuju dua titik yang disediakan oleh panitia guna menghindari kemacetan lalu lintas di sekitar pura,” ujar Karma. 7 mis

Komentar