nusabali

Berebut Kursi DPR RI di Dapil Sulteng

'Lolak' Arimbawa Fasilitasi Pemangku Morowali Utara Tirtayatra di Bali

  • www.nusabali.com-berebut-kursi-dpr-ri-di-dapil-sulteng

DENPASAR, NusaBali - Seniman asal Bali yang juga Bacaleg DPR RI Partai Hanura dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tengah (Sulteng), I Kadek ‘Lolak’ Arimbawa menggarap segala potensi suara untuk Pemilu 2024 mendatang.

Salah satunya dengan memfasilitasi para pemangku dan Umat Hindu dari Kabupaten Morowali Utara, Sulteng untuk matirtayatra ke Pura Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem 5-8 Agustus kemarin.

Sejak akhir pekan lalu, Lolak yang politisi asal Desa Kamasan, Kecamatan Klungkung ini sibuk menggarap potensi suara dengan penggalangan terhadap sekitar 180 ribu Umat Hindu di Sulteng. Nah, kedatangan belasan pemangku Hindu Bali dari Sulteng, juga difasilitasi Bupati Morowali Utara, Delis Julkarson Hehi yang juga kader Partai Hanura di Sulawesi Tengah. "Ini agenda dari Bupati Morowali Utara untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku di tiap-tiap desa," ungkap Lolak kepada NusaBali, Selasa (8/8). 

Bukan hanya tirtayatra, pemangku juga diterima Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali untuk mendapatkan ilmu kepemangkuan. Mereka langsung disambut Ketua MDA Bali Ida Panglingsir Agung Putera Sukahet. Selama kunjungan empat hari, 5-8 Agustus 2023, para pemangku juga mendapat kesempatan untuk bertemu dengan sanak keluarga yang ada di Bali. "Bahkan ada yang baru pertama kali kembali ke Bali setelah puluhan tahun bertransmigrasi ke Sulawesi Tengah," ungkap Anggota DPD RI dua periode yang kini seorang pengusaha. 

Lolak mengatakan, fasilitasi pemangku asal Sulteng merupakan salah satu visi misi yang akan diusungnya jika terpilih sebagai anggota DPR dari dapil Sulawesi Tengah. Dia mengungkapkan ada sekitar 180 ribu Sameton Bali yang berada di Sulteng terutama di dua wilayah yakni Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Luwuk Banggai. 

"Di tiap kecamatan akan mendirikan sanggar seni, menyediakan seluruh perangkat seni baik tabuh, tari, matembang, dan membiaya kuliah anak-anak bagi yang mau bersekolah seni di Bali (Institut Seni Indonesia Denpasar,red)," ujar Lolak.

Program berikutnya yang akan diwujudkan Lolak jika terpilih nanti yakni ngaben massal dan ngenteg linggih. Berbekal dana aspirasi anggota DPR sekitar Rp 5 miliar per tahun dia meyakinkan hal tersebut dapat direalisasikan.  "Saya akan membangkitkan masyarakat dengan membentuk kelompok-kelompok di samping juga program kementerian yang juga sudah cukup besar," tambahnya. 

Lolak mengaku optimis dengan dukungan Sameton Bali maupun masyarakat Sulawesi Tengah di Pemilu 2024 mendatang. Menurutnya, selain dukungan dari krama Bali, dia juga yakin akan mendulang suara di Kota Palu dan Kabupaten Morowali Utara. Dua wilayah tersebut kebetulan saat ini dipegang oleh kader Hanura. 

Selain Delis Julkarson Hehi sebagai Bupati Morowali Utara, Walikota Palu Hadiyanto Rasyid juga merupakan kader kuat Partai Hanura. "Untuk lolos (menjadi anggota DPR) butuh suara sekitar 110 ribu sampai 150 ribu. Saya dari pemilih Bali optimis untuk bisa mendapatkan suara, selain dari kekuatan di Palu dan Morowali Utara," ujar pria yang juga Ketua DPD Hanura Provinsi Bali ini. cr78. 

Komentar