nusabali

Layang-layang Hiasi Langit Uma Pule Bangli

  • www.nusabali.com-layang-layang-hiasi-langit-uma-pule-bangli

BANGLI, NusaBali - ST Wrekca Paramarthika, Banjar/Lingkungan Pule, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli, Bangli, menggelar Lomba Layang-layang di area Uma Pule, Banjar Pule, Minggu (6/8). Lomba ini menjadikan langit Uma Pule tampak hias karena banyaknya Layang-layang warna-warni.

Lomba diikuti puluhan peserta dari berbagai wilayah ini serangkaian peringatan HUT ST. Lomba ini akan menjadi agenda tahunan. Ketua Rare Angon Uma Pule Wayan Gede Juliartawan mengatakan ada 90-an peserta Lomba Layang-layang dari seluruh Bali. Jenis layangan yang dilombakan, yakni cotekan, cotek blolong, bebean, celpuk, dan clepuk plastik.

"Lomba Layang-layang ini bertujuan untuk membangkitkan semangat malayangan (bermain layang-layang) di kalangan generasi muda," ungkapnya.

Kata Juliartawan, di Banjar Pule juga ada sekaa malayangan. Sekaa layangan ini maupun lomba yang digelar untuk memperkenalkan layangan, terutama kepada generasi muda. "Kami ingin memperkenalkan permainan tradisional malayangan kepada masyarakat," ujarnya.Dejelaskan, kriteria penilaian lonba, diantaranya, bentuk layangan, kombinasi warna, dan terbang layangan.

Penilaian oleh tim juri dengan tiga anggota. Panitia lomba Layang-layang selama sehari ini menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan, piala, dan piagam. "Juara dicari per kategori layanan. Dari juara I hingga harapan III," kata Juliartawan.7esa 

Komentar