nusabali

500 Personel Komcad Siap Dimobilisasi

  • www.nusabali.com-500-personel-komcad-siap-dimobilisasi

TABANAN, NusaBali - Sebanyak 500 personel Komponen Cadangan Kodam IX/Udayana menyelesaikan latihan dasar militer untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan Pertahanan Negara di Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan, Senin (31/7).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam sambutan yang dibacakan Inspektorat Kodam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Adrianto pada upacara penutupan Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Pendidikan Komponen Cadangan Tahun 2023 di Lapangan Chandradimuka Rindam IX/Udayana, Kediri, Tabanan, Senin mengatakan dengan selesainya kegiatan pendidikan dasar kemiliteran ini, anggota komponen cadangan (komcad) dapat melaksanakan tugas sesuai fungsinya masing-masing.

Dia berharap anggota Komcad mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan secara teori maupun praktik, serta yang terpenting dapat mengobarkan semangat bela negara dalam penerapan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Adrianto menjelaskan Komcad Pertahanan Negara harus siap dimobilisasi sesuai perintah Presiden RI dengan persetujuan DPR RI yang komando dan kendalinya berada di bawah Panglima TNI dengan tugas memperbesar dan memperkuat komponen utama dalam menghadapi ancaman demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Dia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kesiapan anggota komcad untuk ikut serta menjadi bagian dari Komponen Cadangan Pertahanan Negara. "Saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan selamat kepada seluruh anggota Komponen Cadangan Pertahanan Negara dan saya bangga bisa berdiri di tengah-tengah prajurit Komponen Cadangan Pertahanan Negara yang terbukti kuat, tangguh dan berwibawa," katanya.

Selain kepada 500 personel yang telah selesai menyelesaikan latihan Dasar Militer, Irdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pelatih, pendukung, penyelenggara dan lainnya yang mendukung latihan yang dimaksud.Selain di Kodam IX/Udayana, pelaksanakan Latsarmil Komcad juga dilakukan di beberapa Rayon Kodam serta Matra Laut dan Matra Udara yang tersebar di Indonesia. 7 ant

Komentar