nusabali

3 SDN di Karangasem Tanpa Siswa Baru

  • www.nusabali.com-3-sdn-di-karangasem-tanpa-siswa-baru

AMLAPURA, NusaBali - Tiga SD di Kabupaten Karangasem untuk tahun ajaran 2023/2024, tidak memiliki siswa baru atau kelas satu. Sebab, di sekitar sekolah setempat tidak ada calon siswa yang berumur 6 tahun, tepatnya pada 1 Juli 2023.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem I Wayan Sutrisna, didampingi Kepala Bidang SD dan SMP I Gusti Bagus Jaya Arsana, di ruang kerjanya, Jalan Veteran, Amlapura, Senin (31/7).

Kata Sutrisna, tiga SD yang tanpa siswa baru dimaksud, yakni SDN 10 Karangasem, SDN 6 Muncan, Kecamatan Selat dan SDN 6 Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, untuk tahun ajaran 2023/2024.

SDN 10 Karangasem dipimpin Kasek Desak Putu Aryati memiliki lima guru, terdiri dari dua guru Agama Hindu, dua guru kelas, dan seorang guru olahraga. Siswa di SD ini, yakni kelas II sebanyak 6 siswa, kelas III sebanyak 5 siswa, kelas IV sebanyak 12 siswa, kelas V sebanyak 11 siswa, dan kelas VI sebanyak 9 siswa, dengan operator sekolah Ida Bagus Putu Giri Manuaba.

Sedangkan SDN 6 Bhuana Giri, di Banjar Komala, Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, dipimpin  Kasek I Made Suartika, juga tanpa siswa baru. Jelas Sutrisna, sebelumnya beberapa kali sekolah itu tanpa siswa baru. Tahun ajaran 2012/2013 juga tanpa siswa baru, sehingga pernah SDN 6 Bhuana Giri tidak ikut ujian sekolah, karena tanpa ada siswa kelas VI.

Sedangkan SDN 6 Muncan di Banjar Yangapi, Desa Muncan, Kecamatan Selat, baru tahun ajaran ini tanpa siswa baru. SD dengan Kepala Sekolah Ni Gusti Agung Putu Widyastuti, dengan dukungan 7 guru.

Karena kekurangan siswa dan guru, rencananya  beberapa SD dalam waktu dekat memberlakukan pembelajaran kelas rangkap. "Maksudnya, saat belajar, siswa kelas I dengan kelas II belajar dalam satu ruangan dengan satu guru, yang siswanya sedikit dan  kekurangan guru teratasi," jelasnya.

Kabid SD dan SMP Disdikpora Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana juga membenarkan ada tiga SD tanpa siswa baru untuk tahun ajaran 2023/2024. "Kami telah dapat laporan terakhir tanpa siswa baru, di SDN 6 Bhuana Giri," jelas mantan Sekcam Karangasem ini.

Sebenarnya, lanjut Jaya Arsana, hampir tiap tahun ada SD tanpa siswa baru, dari 356 SD yang ada di Karangasem. Buktinya, tiap tahun juga ada SD yang tidak ikut ujian, itu artinya sebelumnya tidak mendapatkan siswa baru.7k16

Komentar