nusabali

Petani di Sembung Dibantu 4 Traktor

  • www.nusabali.com-petani-di-sembung-dibantu-4-traktor

MANGUPURA, NusaBali - Petani di Subak Yeh Dukuh, Banjar Dangin Bingin, Desa Sembung, Kecamatan Mengwi digelontor bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa empat unit traktor untuk memudahkan para petani menggarap lahan pertanian.

Empat traktor tersebut diserahkan langsung Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung, pada Kamis (27/7) siang.

Turut hadir dalam penyerahan empat traktor kepada petani di Subak Yeh Dukuh kemarin, antara lain Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana, Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Perbekel Sembung Ketut Sukerta, Bhabinkamtibmas Desa Sembung, Kelihan Dinas se-Desa Sembung, Pekaseh Subak Yeh Dukuh Nyoman Suweden serta krama subak setempat.

Adi Arnawa mengatakan, penyerahan bantuan empat traktor ini adalah bukti bahwa pemerintah Kabupaten Badung mendukung petani, dalam rangka meningkatkan produktivitasnya serta menjaga keberlanjutan kualitas produksinya. “Mudah-mudahan dengan adanya bantuan ini, para petani juga mendukung dan menjaga lahannya agar tetap terjaga,” ujarnya.

Di Subak Yeh Dukuh terdapat sekitar 75 hektar lahan pertanian. Adi Arnawa memberi isyarat akan memberikan bantuan benih kepada petani, dengan harapan petani dapat meningkatkan produksinya.

“Makanya kita dorong agar ada peningkatan pendapatan petani. Kalau sudah terjadi peningkatan pendapatan, otomatis masyarakat akan bangga menjadi petani, sehingga lahannya tidak akan dimanfaatkan atau disewakan ke orang lain,” harap birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini.

Di sisi lain, lanjut Adi Arnawa, kebijakan ini juga bagian dari mengendalikan inflasi, di mana pengendalian inflasi di Badung berbasis ke hulu. Tidak hanya di hilir seperti operasi pasar.

Pekaseh Subak Yeh Dukuh Nyoman Suweden, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung atas bantuan empat mesin traktor kepada petani Subak Yeh Dukuh. Dia mengaku bantuan ini akan sangat berguna dalam membantu para petani mengolah lahan pertaniannya.

“Mudah-mudahan dengan diberikan bantuan mesin traktor, petani Subak Yeh Dukuh dapat meningkatkan hasil panen dan meningkatkan kesejahteraan para petani,” kata Suweden sembari berharap pemerintah sekaligus membantu menata Jalan Usaha Tani (JUT) dan irigasi di Subak Yeh Dukuh. 7 ind

Komentar