nusabali

Harga LPG 3 Kg Tembus Rp 30.000

Pemkab Badung Gelar Operasi Pasar

  • www.nusabali.com-harga-lpg-3-kg-tembus-rp-30000

Masyarakat sangat antusias begitu mendengar ada operasi pasar, terutama pemilik usaha di bidang kuliner.

MANGUPURA, NusaBali
Harga tabung LPG 3 kg kembali melambung tinggi di sejumlah wilayah di Badung. Kenaikan harga ini diduga imbas dari langkanya tabung LPG 3 kg di pasaran.

Di Kelurahan Legian, misalnya, harga eceran tabung LPG 3 kg mencapai Rp 25.000 hingga Rp 30.000. Melambungnya harga tabung LPG 3 kg terjadi sejak beberapa hari belakangan ini.

“Atas kondisi itu, kami di Kelurahan Legian langsung menyampaikan kepada Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan, sehingga digelar lah operasi pasar hari ini (kemarin) di Legian,” kata Lurah Legian Ni Putu Eka Martini, Kamis (27/7).

Menurutnya, masyarakat sangat antusias begitu mendengar ada operasi pasar, terutama pemilik usaha di bidang kuliner. Sebab para pedagang merasa kesulitan untuk mendapatkan tabung LPG 3 kg, kalau pun ada harganya melambung tinggi.

“Kita punya perkumpulan pedagang kaki lima dan juga pedagang keliling yang sangat perlu sekali dengan tabung LPG 3 kg. Jadi begitu kita share, antusiasme masyarakat sangat tinggi sekali,” kata Martini.

Waktu pelaksanaan operasi pasar ini juga sangat tepat. Sebab, lanjut Martini, berdekatan dengan Hari Raya Galungan dan Kuningan. “Kebetulan operasi pasar ini sangat tepat juga waktunya, karena informasi dari warga ada juga yang dipakai untuk persiapan Hari Raya Galungan,” katanya lagi.


Tak hanya di Kelurahan Legian, operasi pasar juga dilakukan beberapa titik. Kadis Koperasi, UKM, dan Perdagangan Badung I Made Widiana, menjelaskan,operasi pasar dilaksanakan di beberapa lokasi di wilayah Badung. Operasi pasar dimulai Kamis pagi sekitar pukul 09.00 Wita.

Adapun lokasinya, beber Widiana, mulai dari kantor Camat Petang, kantor Camat Abiansemal, depan kantor Perbekel Mengwi, Kecamatan Mengwi, Jaba Pura Desa/Pusaeh, Desa Adat Padang Luwih, Kuta Utara, kantor Lurah Legian, Kecamatan Kuta, dan kantor Kelurahan Benoa, Kuta Selatan.

“Untuk tabung LPG 3 kg dijual dengan harga Rp 18 ribu per tabung. Bagi masyarakat yang ingin membeli harus membawa foto copy KTP. Maksimal pembelian sebanyak dua tabung,” jelas Widiana sembari menyebut setiap lokasi disediakan satu truk atau 560 tabung LPG 3 kg. 7 dar, ind

Komentar