nusabali

Pemain Timnas U-20 Akan Dimasukkan Bhayangkara FC

  • www.nusabali.com-pemain-timnas-u-20-akan-dimasukkan-bhayangkara-fc

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyebutkan, para pemain Timnas Indonesia U-20 akan dimasukkan ke tim Bhayangkara Presisi Indonesia (BPI) FC yang berlaga di Kompetisi Liga 1.

Dengan syarat, poin Bhayangkara tetap dihitung. Namun, jika mereka mendapatkan poin terbanyak, gelar juara tak perlu diberikan kepada BPI FC.

"Tahun ini sudah negosiasi dengan Liga boleh atau tidak Bhayangkara itu poinnya dihitung tapi tak perlu juara. Ya kami mengalah, karena klub merasa kaget. Kami akan dorong tahun depan," kata Erick Thohir di Jakarta, Selasa (25/7) malam.

Erick Thohir juga menyebut ada sosok yang disiapkan menjadi pelatih Bhayangkra yang berisikan skuad eks Timnas Indonesia U-20 itu, yakni Indra Sjafri. Selain itu, proyek pemain di Bhayangkara ini akan dijadikan proyek jangka panjang. Skuad Timnas U-17 yang akan berlaga di Piala Dunia U-17 2023 pun diproyeksikan masuk ke skuad itu.

Erick Thohir menyebutkan proyek serupa sudah dilakukan di basket Tanah Air dan itu cukup berhasil. Medali emas SEA Games 2021 menjadi salah satu buktinya. Selain itu di Indonesia Basketball League (IBL), juga selalu muncul pemain muda baru yang menonjol di setiap musim.

"Di basket ada namanya Indonesia Patriots, coba final IBL dari Prawira dan Pelita ada empat sampai lima yang dari Indonesia Patriots, itu levelnya tidak jauh dari SM yang senior," ujar Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick Thohir menyebut sepak bola Indonesia memiliki level yang jauh berbeda jika dibandingkan sepak bola Eropa. Jadi, pembinaan para pemain pun tak bisa disamakan dengan yang dilakukan di Eropa.

"Kita bukan Eropa yang punya sistem dari grassroots, kita masih sistem kagetan, ini gimana mau bicara tradisi kalau kagetan. Kita harapkan membangun tradisi sehingga punya kepastian dan standar yang baik," ujar Erick Thohir. ant

Komentar